Visual Branding dan Kegunaannya Untuk Membangun Bisnis

Visual branding terdiri dari elemen desain yang mencakup warna, bahan, bentuk, dan juga font atau tipografi, serta kegunaan. Identitas visual jelas berbeda dengan branding loh!

Branding melibatkan seluruh elemen yang digunakan oleh perusahaan. Contohnya adalah brand awareness, video, logo, strategi konten, profile pengguna, postingan medsos, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, visual branding atau identitas visual adalah apa sih nilai dan image perusahaan secara visual. Tujuannya adalah untuk menciptakan hubungan emosional antara brand dengan konsumen melalui warna, bentuk, dan font yang dipakai dalam desain logo perusahaan, kartu bisnis, dan website.

Identitas visual yang berhasil adalah yang menciptakan pengalaman nggak terlupakan bagi pelanggan. Sehingga, mereka akan percaya dengan perusahaan, mendorong hal bagus untuk perkembangan bisnis, kalau pengalaman tersebut ternyata baik. Jadi, identitas visual adalah salah satu alat terbaik untuk berkomunikasi dengan pelanggan kamu.

company branding awareness

Apa Pentingnya Visual Brand?

First impression atau kesan pertama itu bener-bener penting. Realitanya, para calon pelanggan akan melihat visual branding dulu sebelum melihat lainnya dalam bisnis kamu.

Artinya, kamu harus membantu agar para calon pelanggan langsung tertarik seketika dengan melihat identitas visual. Sehingga, mereka bisa merasakan adanya hubungan dengan brand atau ingin mengenal lebih lagi.

Identitas visual yang efektif akan menarik perhatian klien, sehingga kamu harus mampu menjelaskan dari situ tentang apa sih bisnis yang kamu tawarkan, apa nilainya, dan gunakan brand voice yang tepat. Namun, sangat penting untuk membangun strategi branding terlebih dahulu sebelum bikin identitas visual.

corporate branding

Banyak orang yang membangun bisnis dengan membuat ilustrasi gambar tertentu sebagai logo perusahaan. Tapi, jarang banget yang bisa menjelaskan apa maksud dari logo tersebut dengan perusahaan, dan bagaimana sih logo tersebut berkomunikasi dengan orang lain bahwa perusahaan kamu adalah perusahaan profesional?

Baca Juga  Marketing Online Untuk Pemula

Nah, identitas visual yang kamu buat adalah cerminan perusahaan. Sehingga, butuh sekali membangun strategi branding dulu supaya sesuai dengan para pelanggan.

Kalau kamu berusaha membuat identitas visual terlebih dulu tanpa memastikan bahwa semuanya sudah sesuai dengan strategi brand, maka percuma. Ini sama seperti buang-buang waktu dan uang karena identitas visual nggak sama dengan target.

Justru, dengan identitas visual yang kurang bagus dan nggak relevan akan bikin bisnis kamu merugi.

Apalagi, semua orang juga pasti punya pemikiran tentang perusahaan kamu ketika mereka lihat bagaimana brand yang kamu buat. Kalau mereka menilai bahwa gambar visual tadi terkesan kekanak-kanakan, padahal perusahaan kamu begitu profesional – maka mereka tetap melihat perusahaan kamu kekanak-kanakan.

Ketika kamu melihat logo Apple, kamu nggak berfikir itu adalah logo toko mainan anak, kan?

Berarti, membuat brand visual harus sesuai dengan nilai perusahaan, apa yang ditawarkan, kepribadian, dan tujuan. Walaupun kedengarannya kompleks, tapi semua itu tentang menggunakan desain elemen visual yang tepat untuk mengekspresikan perusahaan yang kamu miliki.

company branding strategy

Tips Bikin Visual Brand Yang Unik

Pastikan bahwa visual branding yang kamu miliki tampak menarik. Sehingga, banyak orang tertarik untuk cari tahu dan melakukan interaksi dengan perusahaan. Serta, visual branding wajib konsisten. Contohnya seperti Starbuck yang membuat orang tetap percaya bahwa produk tersebut unggul.

Selain itu, visual branding juga harus unik. Sama seperti Nike yang membuat banyak orang memilih produk tersebut di tengah persaingan industri sengit.

Tahu Amazon? Brand ini juga punya visual identity yang sangat bagus. Semua orang mudah mengingat Amazon karena tampilan visualnya. Sehingga, siapapun bisa balik ke toko tersebut.

Baca Juga  5 Cara Praktis Bikin Konten Corporate Branding

company branding

Bagaimana Membuat Visual Brand Profesional?

Sudah siap untuk bangun identitas visual yang sesuai dengan target audiens? Atau, kamu butuh bantuan profesional untuk melakukannya. Hubungi tim Tukang Kata Kata untuk membuat visual brand yang kuat.

Entah kamu ingin melakukan branding ulang atau memulai bisnis baru dengan kebutuhan company brand baru, tim kamu sudah profesional. Dengan pengalaman bekerja dan telah melayani berbagai perusahaan, tim kami bekerja dengan keahlian.

Tukang Kata Kata dapat kamu andalkan untuk membuat logo keren, website, kartu bisnis, dan lainnya. Kamu juga bisa langsung cek hasil pekerjaan kami dari permintaan para pelanggan sebelumnya. Dengan menghubungi tim kami, kamu bisa langsung lihat bagaimana kami bekerja untuk membantu pertumbuhan bisnis perusahaanmu melalui digital branding !