Video Instagram 101: Penjual Online Wajib Baca!

video instagram

Video Instagram adalah salah satu cara jualan online efektif untuk para pebisnis. Namun, membuat video juga nggak boleh sembarangan, mengapa? Agar video tersebut dapat bekerja secara optimal, nggak blur, dan tampak menarik para pelanggan bisnis kamu, kamu bisa menggunakan berbagai tips berikut.

Kriteria Video Instagram Ideal

Mengapa mengetahui kriteria ideal video untuk promo jualan di Instagram ini penting banget? Nah, mengetahui spesifikasi video dan format bakalan mempengaruhi tampilan visual video. Pilihan format yang paling bagus adalah MP4. Kemudian, perhatikan juga beberapa spesifikasi ini:

  • Ukuran video = 500 kbps bitrate
  • Frame rate = 30 fps
  • Ukuran maksimal video = 15 MB
  • Durasi maksimal = 60 detik
  • Ukuran video 4:5 atau 864 x 1080 piksel

Agar video yang kamu unggah sesuai persyaratan Instagram, kamu harus edit video terlebih dahulu pakai desktop atau laptop. Ukuran tersebut juga penting buat kamu yang pengen bikin video pada Instagram TV. Tapi, kamu juga harus melakukan penyesuaian untuk video.

 

Transfer ke Apple Airdrop atau Google Drive Dulu

Sering punya Video Instagram yang ngeblur begitu kamu upload ke Instagram story? Nah, baiknya, kamu transfer dulu video tersebut ke Google Drive atau ke Apple Airdrop. Dengan cara ini, video bakalan lebih sesuai dengan kriteria platform Instagram.

Berbeda dengan WhatsApp, cara kerja Instagram nggak langsung kompres ke resolusi yang rendah secara otomatis. Jadi, Instagram masih butuh proses lebih lanjut yaitu dengan transfer ke Google Drive atau Apple Airdrop.

video instagram bisnis

Bikin Video Dengan Kamera Berkualitas

Kamera juga mempengaruhi hasil video kamu nantinya. Dengan menggunakan kamera yang memiliki spesifikasi berkualitas bagus, atau bisa disebut HD. Ketika kamu upload di Instagram story justru nggak bakalan mengalami masalah gambar blur.

Baca Juga  Strategi Digital Marketing Biar Bisnis Makin Melejit

Gimana kalau menggunakan kamera ponsel? Pastinya kamera tersebut harus punya spesifikasi mumpuni. Hasilnya nanti akan membuat video atau foto jadi lebih bagus. Kamu juga harus mengatur pada bagian setting kamera kualitas dengan memilih resolusi terbaik.

Koneksi Internet

Faktor lain yang membuat video instagram kurang bagus kualitasnya ketika mengupload adalah koneksi internet. Apalagi kalau kamu pakai koneksi WiFi. Itulah mengapa sangat penting melakukan pemeriksaan koneksi internet. Jika koneksi tersebut stabil, maka kualitas video seharusnya nggak mengalami masalah.

video instagram 101

Video Instagram Lebih Dari 1 Menit?

Nah, tips berikutnya adalah mengetahui berapa sih durasi maksimal agar kamu bisa upload video ke Instastory? Kalau mengupload video pada Instagram buat jualan, semua orang juga bisa. Namun, hal tersebut nggak berlaku ketika kamu menggunakan Instastory, karena nggak boleh lebih dari 1 menit.

Jangan kuatir, karena kamu bisa kok pakai cara berikut:

  • Buka Instagram, cari tanda +
  • Pilih video yang pengen kamu unggah
  • Kalau ingin upload lebih dari satu video pada postingan yang sama, kamu tinggal pilih multiple post kanan bawah.
  • Pilih bagian ‘selanjutnya’ pada bagian kanan, pojok atas.
  • Lanjut dengan pilih atau kamu bisa tambah filter sesuai selera dalam video tersebut.
  • Instagram bakal mengarahkan kamu untuk menambah Hashtag, atau isi caption. Caption Instagram dan Hashtag harus kamu isi dengan cara powerful biar jualan makin laris.
  • Kamu juga bisa kok menambahkan opsi seperti memasukkan lokasi atau menandai orang lain.
  • Kalau sudah selesai, pilih bagikan

Nah, simple banget dong gimana cara menggunakan video untuk jualan di instagram. Kamu bisa kok mencoba cara-cara di atas untuk melihat sendiri hasil jualan kamu nanti.

Jangan lupa pakai copywriting yang powerful untuk caption video instangammu.