5 Hal Paling Penting Untuk Video Animasi

Membuat video animasi untuk bisnis bisa menjadi keputusan yang lebih besar ketimbang apa yang kamu pikirin pada awalnya. Video brand merupakan usaha yang cukup ambisius loh.

Dengan bikin video, kamu ingin memberikan informasi padat tentang bisnis yang kamu jalankan. Jadi, bikin video memang harus sempurna!

video instagram 101

Langkah Membuat Video Animasi

Itulah kenapa, kamu harus mempertimbangkan beberapa hal penting sebelum mulai bikin video animasi. Pastikan kamu sudah menyiapkan semua hal berikut:

  1. Budget. Biaya ini adalah hal pertama yang wajib kamu pikirkan. Soalnya, budget bisa mempengaruhi batas kreatifitas yang kamu inginkan. Kalau kamu pengen bikin animasi video seperti film Pixar, kamu bakal menghabiskan jutaan. Kalau nggak percaya, menurut laporan Pixar Movie menghabiskan sekitar $1.82 juta per menit untuk biaya video doang!

Tapi, kalau untuk kepentingan perusahaan, kamu nggak perlu budget fantastis untuk menjelaskan apapun. Ada banyak cara, dan budget mempengaruhi style video yang pengen kamu bikin.

  1. Brand. Banyak penelitian menunjukkan bahwa semua orang cenderung mengingat cuman 20% apa yang mereka baca, 10% apa yang mereka denger. Nah, sebuah studi yang sama menunjukkan bahwa semua orang punya kemampuan 80% ingat apa yang mereka lihat dan lakukan.

Itulah kenapa kamu harus bikin video animasi sebagai bagian dari brand. Jadi, siapapun yang nonton video tersebut, ada image yang masuk ke dalam benak mereka.

  1. Audiens. Selanjutnya, kamu juga harus tahu tentang audiens. Sebagai pemilik perusahaan atau usaha yang sudah ada, walaupun baru dirintis, kamu pasti punya pelanggan ideal atau buyer persona.

Tapi, bukan berarti kamu mau bikin video animasi untuk menjadikan orang-orang tersebut sebagai target market. Tapi, justru ketika kamu mau bikin konten video, maka hal pertama yang wajib kamu cari tahu adalah:

Baca Juga  Strategi Digital Marketing Biar Bisnis Makin Melejit

“Kenapa sih aku mau bikin video animasi?”

Tentunya, ada banyak alasan kenapa banyak perusahaan akhirnya bikin animasi video. Beberapa diantaranya mungkin kayak gini:

  • Meningkatkan kesadaran banyak orang tentang brand atau produk baru yang kamu punya.
  • Memperoleh pelanggan baru.
  • Mendidik pelanggan yang sudah ada.

Jadi, kalau kamu putusin nih untuk segera bikin konten video, pastikan kamu tahu alasan kenapa sih harus bikin dan siapa sih yang bakalan nonton video itu. Kebanyakan video brand menunjukkan apa masalah yang sedang dialami oleh audiens dan menunjukkan bahwa perusahaan mereka punya solusi untuk itu.

Artinya, kamu harus  menyebutkan apa sih problem yang ada sekarang. Dan di video itu, kamu juga harus menyebutkan bahwa perusahaan kamu memang jadi solusinya. Tujuan video itu adalah untuk buyer persona: Penonton harus bisa menghilangkan masalah mereka dengan solusi yang kamu tawarkan.

  1. Durasi. Video animasi juga harus punya durasi yang pas. Jadi, hal ini juga wajib kamu pikirkan ketika bikin video. Sangat direkomendasikan untuk bikin animasi sosial media dalam bentuk video dengan durasi kurang dari dua menit.

Nah, kedengerannya nih dua menit itu kayak kurang cukup untuk ngomong apapun dalam bentuk konten video. Tapi, ketika kamu bikin video dalam jenis animasi, kamu nggak harus menceritakan ke semua orang tentang semua detail brand yang kamu punya. Video dibuat untuk meningkatkan minat dan mendorong semua orang untuk mencari tahu lagi tentang brand bisnis kamu.

  1. Pemasaran. Meskipun promosi konten video yang kamu buat adalah akhir dari semua proses, kamu harus punya ide dulu nih tentang dimana kamu pengen menyebarkan seluruh konten video itu. Hal ini bahkan sudah harus kamu pikirkan sebelum bikin video.
Baca Juga  5 Cara Praktis Bikin Konten Corporate Branding

Video Company Profile - Apa Itu Dan Kenapa Sih Penting Banget?

Misalnya nih, kalau kamu tahu banyak calon pelanggan yang pakai Instagram, dan kamu pengen menyebarkan konten video itu di platform tersebut, maka video instagram yang kamu buat sebaiknya berdurasi kurang dari 15 detik.

Jadi, bikin juga konten yang nggak terkesan jualan.

Disisi lain, kalau kamu pengen upload video itu di YouTube, bikin terdengar kayak sales, tanpa berlebihan. Dengan waktu 30 detik.

Ada banyak cara untuk memasarkan dan mempromosikan video yang kamu buat. Misalnya, kamu bsia pake trade shows, newsletter via email, website homepage, medsos, dan masih banyak lagi.

Nah, kalau kamu bingung harus mulai darimana, nggak masalah sih. Kamu bisa kok minta bantuan tim Tukang Kata Kata. Tim profesional ini siap bikin konten video animasi kamu jadi lebih menarik!