5 Langkah Bikin Content Digital Super Kece

Konten DIgital Tips

Content digital pertama kali menggemparkan bisnis online tahun 2014. Lantas, apa sih yang dimaksud dengan konten dan apa sih indikator konten berkualitas?

Konten adalah apapun atau semua hal yang ada dalam bentuk data digital; tulisan, gambar, audio, video, situs, pertanyaan pengunjung web, jawaban dari pertanyaan pengunjung, dan lainnya.

Jadi, konten adalah informasi dengan tujuan untuk menyampaikan pesan, gambar, atau ide. Konten digital berkualitas tentu harus mendidik, menghibur, dan mempererat hubungan kamu dengan audiens.

Bisa nggak sih kalau ada gambar kucing senyum, disebut sebagai konten? Bisa. Tapi, bukan konten berkualitas, kecuali tertera informasi relevan atau informasi yang mendidik siapapun yang melihat.

Misalnya, kamu bisa menambahkan informasi quick fact, atau fakta apapun tentang kucing tersebut. Nah, itu dapat disebut sebagai konten berkualitas.

Kalau kamu punya bisnis, pastinya konten harus memberikan informasi tentang apa sih produk atau jasa yang kamu jual. Konten tersebut juga harus dapat memberi pengetahuan audiens tentang apa sih untungnya menggunakan produk atau jasa kamu.

Atau, konten juga bermanfaat untuk hal-hal berikut:

  • Menambah kredibilitas perusahaan
  • Menjawab berbagai pertanyaan umum para audiens sehubungan dengan bisnis kamu.
  • Mengarahkan pelanggan baru ke bisnis yang kamu miliki
  • Meningkatkan website dalam SERPs
  • Bikin pengunjung betah dan rela balik ke situs kamu lagi.
  • Meningkatkan pertumbuhan bisnis di era digital.

Konten Digital Tips dan Ide

Tanda Content Digital Kamu Sudah Powerful

Setiap hari, internet menampilkan konten yang buanyak banget!

Setiap minutnya, terdapat lebih dari 200 juta email terkirim, lebih dari 72 jam video diunggah di YouTube, dan lebih dari 220,000 foto dibagikan di Instagram. Nggak cuman itu, terdapat 2.5 juta konten yang dibagikan di Facebook.

Bisa bayangin dong, semua itu per menit!

Konten sangat penting bagi individu dan bisnis saat ini. Karena konten digital adalah satu-satunya cara menarik calon pelanggan ke web.

Bahkan bagi konten marketer, kalau mereka mampu menghasilkan konten lebih, maka mereka dapat meningkatkan campaign konten marketing.

Artinya, kalau kamu pengen unggul dalam kompetisi bisnis era digital, maka kamu harus menyajikan content digital yang berkualitas, di atas rata-rata.

Nah, ini dia tanda-tanda kalau konten kamu sudah powerful!

1. Original Konten Dengan Tata Bahasa Sesuai

Buat kamu yang bikin konten Bahasa Inggris, maka Grammar wajib diperhatikan. Tapi bukan berarti grammar sempurna, bikin konten berkualitas. Nggak juga sih. Cuman, grammar adalah langkah pertama.

Ketika kamu bikin konten digital, mungkin 100% bukan ide murni. Kebanyakan ide itu nggak baru. Cuman, kalau kamu bisa menulis atau menambahkan informasi lebih, bakal jadi nilai plus untuk konten kamu.

Konten Instagram yang menarik

2. Keywords dan Meta Data

SEO sampai sekarang masih penting. Begitu banyak artikel, video, dan lainnya gratis tersedia ngomongin pentingnya SEO. Pastikan postingan konten didukung dengan judul, meta description, URL relevan dengan keyword. Jangan lupa tambahkan gambar dan internal link pada konten terbaru.

3. Konten Tertarget

Nggak semua orang didunia pengen beli produk atau mengunjungi website yang kamu promosikan. Itulah kenapa, penting banget tahu tentang demographic sesuai target.

Jadi, pastikan konten tertarget untuk memperoleh pelanggan sesuai target.

4. Headline Kuat Konten Digital

Copyblogger melakukan sebuah riset, dan hasilnya 80% orang baca headline dulu, sedangkan 20% baca konten sampai selesai.

Tujuan headline adalah supaya pembaca tertarik dan baca artikel sampai habis. Nah, caranya sering-sering baca headline artikel populer. Biar kamu bisa mengembangkan pola judul yang menarik.

5. Actionable

Beberapa konten artikel ditulis untuk menghibur atau memberi informasi. Nah, apakah konten yang kamu buat sudah sesuai dengan judul dan memenuhi kebutuhan pembaca?

Kalau judulnya kayak artikel ini, maka kamu harus menjawab sesuai judul. Kalau artikel judulnya tutorial kebersihan, maka juga harus menyediakan langkah-langkah kebersihan.

Jadi, usahakan content digital kamu menjawab masalah.

freelance copywriting

Bingung Bikin Content Digital?

Nggak masalah. Nggak semua orang punya bakat menulis. Apalagi untuk bisnis, skill dan pengalaman copywriting wajib kamu punya.

Agar memperoleh konten berkualitas untuk kebutuhan bisnis, kamu bisa menggunakan jasa Tukang Kata Kata. Dengan tim solid, berpengalaman, dan menguasai teknik copywriting, seluruh konten kami susun dengan tujuan Call to Action (CTA), supaya para pengunjung tertarik membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Nah, tunggu apalagi? Langsung hubungi tim kami untuk pesan konten ya!

Konten Viral, 5 Trik Ini Wajib Kamu Coba!

Ide Konten Viral

Konten viral sangat efektif untuk digital marketing. Ketika kamu ingin posting, ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan supaya memperoleh banyak like dan share, biar viral!

Apa keuntungan postingan yang viral? Banyak banget! Buat influencer, bisa viral bisa meningkatkan branding, interaksi, dan bahkan minat. Apalagi dengan viral di medsos seperti Facebook, Tik Tok, YouTube, dan lainnya. Bahkan, sudah banyak yang bisa populer berawal dari konten viral.

kontent viral

Tips Bikin Konten Jadi Viral

Berikut adalah berbagai hal yang bisa kamu coba supaya konten di medsos bisa viral, entah untuk personal branding atau corporate branding.

Jangkauan Konten

Niat pertama adalah buat konten yang bisa berpotensi viral di medsos. Misalnya, konten tersebut harus mudah dicerna, dan mudah dibaca para audiens.

Pastikan konten tersebut menjangkau semua orang, dari pemula, menengah, sampai tingkat lanjutan sesuai bisnis. Konten bisa viral kalau semua yang menonton suka, dan akhirnya mau membagikan konten.

Itu artinya, pastikan konten dapat menyentuh dasar nilai para pengetahuan penikmatnya.

Konten Viral Memberikan Pandangan Berbeda

Bahas Topik Lengkap

Konten dalam bentuk teks, bisa viral kalau kamu bisa memenuhi kebutuhan pembaca untuk menemukan informasi secara gamblang.

Kamu mungkin belum memikirkan jumlah share konten tersebut, tapi mencari rincian informasi secara detail.

Apakah artikel dengan panjang 300 kata bisa viral?

Nggak cukup. Artikel dengan panjang kata tersebut terlalu sederhana. Bahkan belum bisa mengupas semua hal. Sehingga, paling nggak buatlah konten di atas 500 kata. Buatlah panduan secara lengkap yang menjawab semua pertanyaan audiens.

Jawab semua hal sesuai topik, walaupun pertanyaan itu nggak terpikirkan oleh pembaca.

Website kamu jadi viral, maksudnya bisa diandalkan untuk berbagai informasi kalau kamu mengupas dengan teknik penulisan lengkap. Jadi, untuk konten artikel website, kamu wajib tahu seperti apa berbagai jenis konten yang bisa kamu buat.

Konten Viral Memberikan Pandangan Berbeda

Nah, ini nih yang nggak gampang untuk dilakukan oleh banyak content creator. Selain butuh kreativitas, kamu juga harus menyajikan sesuatu yang out of the box, luar biasa berbeda!

Bukan berarti memang nggak ada hal baru. Banyak kok konten yang justru dari hal-hal sepele, nggak dianggap viral, tapi justru bisa langsung meledak.

Fokus

Banyak orang yang punya tujuan menjangkau lebih banyak audiens dari medsos. Tapi, bukan berarti nggak ada yang punya tujuan fokus pada satu media sosial saja.

Untuk memperoleh ribuan tweet, atau share banyak, kamu juga bisa kok mengarahkan backlink menuju ke website.

Dalam kasus ini, kamu bisa mengikuti tips pertama juga kedua, lalu tulis konten menarik dan tampilkan pada satu mesdos tersebut.

Contohnya, buatlah sebuah kontes dengan pemenang ditentukan sesuai jumlah tweets. Pastinya, tugas kamu adalah untuk membuat postingan menarik di Twitter.

Atau, kalau kamu ingin posting dan memberikan informasi bermanfaat di medsos tertentu, maka kamu justru semakin mudah menjangkau banyak orang. Promosikan konten secara tepat dengan hal unik.

content brandingl

konten

Konten Viral Dengan List Post

Membuat list post yang mengagumkan tentu akan sangat membantu untuk terus memperoleh banyak share.

Kunci utamanya adalah pastikan list post tersebut unik dengan berbagai informasi berharga. Ketika membuatnya, jangan hanya menulis seperti:

“10 Alat Bermanfaat…” dan membuat point.

Tapi, ceritakan apa saja manfaat alat tersebut, kekurangan, dan kelebihan serta dimana kamu bisa memperoleh alat tersebut, misalnya.

Dengan membuat konten seperti ini, justru audiens akan merasa terbantu, mengapa?

Karena mereka nggak perlu menggunakan banyak referensi untuk menemukan seluruh informasi yang mereka butuhkan. Jadi, dalam satu konten, seluruh pertanyaan bisa terjawab dengan mudah. Ketika mereka sudah melihat keunggulan website seperti ini, pasti brand bakalan mereka ingat.

Artinya, kapanpun mereka membutuhkan informasi, maka website kamu pasti jadi pilihan utama. Mereka juga nggak segan untuk terus membagikan informasi.

Contoh lainnya adalah dengan buat konten di medsos dengan cara tag. Dengan cara seperti ini, justru kamu punya peluang agar memperoleh like dan share.

Bagian yang nggak kalah penting untuk konten viral adalah dengan mempermudah para audiens ketika ingin share.

Pastikan website kamu memiliki tombol share, sehingga begitu pembaca selesai menikmati isi konten, mereka praktis tekan tombol dan tersebar dimana-mana.

10 Konten Bisnis Anti Bingung

Konten Sosmed Bisnis

Konten media sosial adalah hal utama yang wajib kamu pikirkan ketika sudah mulai menggunakan medsos untuk bisnis. Nah, seperti apa sih teknik membuat konten yang baik?

Konten yang kamu buat harus relevan, sesuai strategi marketing yang kamu pilih. Fungsinya, biar konten bisa mengembangkan bisnis jadi lebih optimal.

Tapi, nggak semua pengusaha bisa memilih mana strategi konten medsos yang pas untuk bisnis. Itulah kenapa, banyak banget pelaku usaha justru masih bingung memilih konten medsos. Hati-hati, salah pilih jenis konten justru kurang optimal untuk meningkatkan keterlibatan audiens, loh!

konten instagram bisnis

Konten Medsos Yang Paling Pas Buat Bisnis

Dengan bantuan content creator yang melakukan riset konten, kamu bisa menentukan berbagai jenis konten medsos berikut agar bisnis jadi lebih meningkat.

1. Breaking News

Semua orang sudah tahu kalau kita tinggal di era digital. Jadi, mencari informasi harusnya sangat mudah, karena kita bisa menggunakan internet dan medsos.

Semua orang nggak perlu nyalain TV atau radio untuk mencari berita terbaru, ya kan?

Untuk itu, kamu bisa kok memanfaatkan jenis konten tersebut untuk membangun akun medsos bisnis. Sampaikan informasi yang sudah kamu tentukan, sisipkan berita perusahaan, bisnis apa yang kamu rintis, dan apa produk yang kamu jual.

Jika sudah ada interaksi antara perusahaan dengan audiens melalui semua konten, maka para audiens mulai membicarakan bisnis tersebut. Jadi, sangat mungkin melalui breaking news, perusahaan dan bisnis yang kamu rintis semakin viral.

Salah satu tanda bisnis kamu semakin populer adalah mulai muncul beberapa follower. Bisa jadi karena konten menarik atau karena penasaran dengan bisnis. Nah, seluruh kunjungan ke akun medsos bisnis bisa kamu jadikan sebagai target market.

2. Live Events

Pernah nggak sih bisnis kamu mengadakan event? Kamu bisa mengambil peluang tersebut untuk bahan konten medsos. Asal, kamu dapat mengemasnya dalam bentuk dokumentasi menarik, bisa berupa video atau foto.

Berikutnya, kamu tinggal membagikan video tersebut ke medsos. Atau, cara lainnya adalah dengan live streaming. Dengan menyiarkan event bisnis secara langsung, maka nggak menutup kemungkinan kalau banyak orang penasaran dan datang langsung ke lokasi event.

3. User Generated Content

Salah satu jenis konten populer untuk bisnis ini tergolong mudah. Caranya, tinggal repost atau posting ulang konten dari followers.

Contohnya nih, seorang pemilik akun memakai fitur tag, sehingga kamu bisa menemukan konten tersebut. Sehingga, kamu bisa repost dengan tambahkan kredit atau sumber. Dengan cara ini, justru si pembuat konten jadi merasa sangat kamu hargai.

Apa sih manfaat jenis konten tersebut? Tentunya supaya interaksi meningkat dan bisnis kamu semakin dikenali banyak orang.

4. Giveaway dan Konten Promo

Nggak cuman UGC aja yang bagus banget buat bisnis, tapi juga giveaway atau konten promo yang meningkatkan interaksi. Kamu juga pasti seneng dong kalau nemu promo atau giveaway yang menarik banget di medsos?

Jadi, kamu bisa bikin konten jenis giveaway sesuai jasa atau produk bisnis. Sedangkan hadiah bisa aja berupa produk gratis atau voucher untuk diskon.

Ajak juga seluruh teman supaya jangkauan promosi jadi makin luas. Selain itu, potensi followers juga makin besar loh!

Konten Bisnis Q&A

5. Konten Q&A

Pengen lebih dekat dengan para audiens? Konten Q&A bisa jadi pilihan tepat. Dengan cara ini, kamu bisa melibatkan audiens, misalnya biar para audiens yang bertanya tentang produk atau layanan yang kamu tawarkan. Pada waktu yang sama, kamu bisa langsung kasih jawaban untuk memberi informasi pada audiens.

Nah, cara ini bermanfaat banget untuk meningkatkan komunikasi antara audiens dan kamu sendiri sebagai pemilik bisnis. Bahkan, sudah banyak yang membuktikan kalau cara ini bisa membangun branding awaraness untuk semua jenis bisnis.

6. Pemberitahuan

Promosi bisnis berikutnya adalah dengan cara kasih kesenangan, maksudnya?

Kamu bisa bikin pemberitahuan bagi audiens tentang gimana sih perkembangan usaha yang kamu bangun.

Nggak harus tentang pencapaian sih, bisa juga mengumumkan layanan atau produk terbaru. Apa sih manfaat yang lebih dahsyat bagi pelanggan. Dengan pemberitahuan tersebut, maka followers juga nggak bakalan sabar menunggu produk tersebut rilis.

Konten Menarik Langsung Viral

7. Tutorial

Tutorial jadi salah satu hal yang dicari banyak orang melalui medsos. Kamu bisa memanfaatkan jenis konten ini, asal dibumbui promosi bisnis kamu.

Selain berisi tentang penjelasan tentang bagaimana melakukan sesuatu buat audiens, kamu juga bisa menjelaskan apa kegunaan produk yang kamu jual. Cara ini justru meningkatkan relasi antara pemilik bisnis dengan audiens, jadi mereka nggak perlu cari tempat lain untuk mencari informasi apapun tentang produk kamu.

Supaya tutorial lebih natural, kamu bisa pakai teknik soft selling. Hindari membahas topik produk pada seluruh isi postingan. Sisipkan saja sesekali saat pembahasan relevan.

8. Behind The Scene

Apa sih istimewanya proses balik layar? Biasanya, kamu pasti bikin video tentang jasa atau produk yang kamu jual sebagai konten. Nah, proses pembuatan tersebut bisa kamu gunakan kok, untuk menunjukkan gimana proses pembuatan foto atau video itu.

Konten kayak gini banyak yang senang. Karena, mereka bisa belajar hal baru, juga membayar rasa penasaran ketika mereka lihat hasil video kamu. Seolah-olah, perusahaan kamu baik banget ngasih tau gimana sih proses behind the scene-nya.

9. Vlog

Vlog juga layak untuk kamu jadikan jenis konten bisnis di sosmed loh, kenapa? Vlog merupakan jenis video yang terdengar kayak lagi ngajak audiens supaya bisa melihat gimana kegiatan bisnis kamu, seperti apa suasana perusahaan, dan lainnya.

Vlog Konten

Jadi, nggak harus bahas kegiatan pribadi kalau bikin vlog. Kamu bisa juga kok memanfaatkan jenis konten ini untuk media interaksi. Supaya, target market bisa berbincang tentang produk atau layanan terbaru kamu, misalnya.

10. Konten Infografik

Infografik ini adalah cara singkat untuk memberikan informasi pada audiens. Kenapa? Karena kamu memberikan informasi tersebut dalam bentuk konten gambar menarik.

Banyak sih orang yang males banget baca data dan angka. Tapi, ketika kamu menghadirkan data melalui infografik, tampilan visualnya jadi gampang banget untuk dipahami.

Kalau di Indonesia, konten ini mungkin nggak begitu populer, tapi dari infografik justru informasinya lebih lengkap juga mudah. Bahkan, beberapa situs pakai informasi kayak gini loh.

Contohnya, Tirto.id, CNBC Indonesia, CNN Indonesia, dan lainnya.

Nah, sekarang kamu jadi tahu banyak hal tentang apa sih jenis-jenis konten yang wajib kamu coba buat kepentingan promosi bisnis dan branding awareness ke sosmed.

Masih banyak sih jenis konten lainnya, seperti: meme, quote, kisah menyentuh, motivasi, dan lainnya yang bisa kamu hubungkan dengan bisnis kamu, ya!

Kamu bisa posting konten secara bervariasi untuk membuat target market terus mengikuti akun medsos perusahaan, dan jangan lupa untuk update konten secara rutin. Dengan cara ini, bisnis kamu jadi lebih berkembang!