5 Strategi Penjualan Online Paling Gampang

Strategi Penjualan Online Tentu Sangat Berbeda Dengan Penjualan Tradisional

Dulu, kamu harus bikin pamflet, bayar untuk iklan TV, billboard, dan lainnya. Tapi, semenjak ada internet, seluruh proses marketing jadi lebih gampang.

Dengan strategi penjualan online, proses memasarkan produk jadi lebih efisien loh. Bahkan dengan anggaran yang kamu keluarkan jadi lebih hemat.

Untuk para pemilik bisnis online, kamu juga wajib tahu apa saja cara penjualan online efektif.

strategi pemasaran online

Strategi Penjualan Online Melalui Branding

Kamu pasti langsung jawab Mac ketika ditanya tentang laptop merk apa yang harganya mahal tapi performa luar biasa?

Mengapa Mac yang muncul? Bahkan, hampir kebanyakan orang akan jawab Mac. Hal ini karena perusahaan tersebut punya branding kuat dalam pasaran.

Nah, buat kamu yang ingin terjun jualan online, branding adalah strategi efektif dalam era digital.

Branding termudah adalah dengan desain logo menarik, juga mudah untuk diingat.

Tagline kreatif juga menarik pasti akan membantu brand awareness.

Strategi Penjualan Online Melalui Content Marketing

Strategi penjualan online berikutnya adalah content marketing, kenapa? Content marketing merupakan strategi penjualan online yang lebih menekankan pada kekuatan konten. Konten podcast, Instagram, dan blog adalah beberapa contoh.

Neil Patel menjelaskan bahwa content marketing itu penting karena bisa membangun hubungan kuat antara audiens dan kamu, sebagai pemilik bisnis. Hubungan dalam jangka waktu lama bisa tercipta kalau kamu mampu bikin konten relevan dan konten memiliki emosi.

Strategi Penjualan Online Melalui Influencer Marketing

Agar memperoleh hasil lebih cepat dan instan untuk memasarkan produk, kamu juga bisa kok pakai influencer marketing sebagai strategi pemasaran.

Sprout Social menyebutkan bahwa cara ini tergolong efektif. Kamu bahkan bisa membuat siapapun lebih percaya karena adanya influencer favorit mereka. Jadi, nggak cuman fokus dengan iklan aja.

Baca Juga  5 Alasan Pentingnya Digital Marketing Butuh Konten

Kelebihan influencer marketing sebagai strategi penjualan online adalah brand awareness jadi lebih meningkat. Bahkan, kamu bisa pakai cara ini supaya target audiens lebih banyak. Kredibilitas brand juga ikut meningkat.

Kendati demikian, menerapkan strategi ini perlu perhitungan tepat. Nggak cuman perhitungan budget, kamu perlu mempertimbangkan influencer yang sesuai.

Strategi Penjualan Online Melalui Customer Relationship Management

CRM merupakan salah satu strategi penjualan online sesuai untuk digital marketing. Fokus utama CRM adalah membangun hubungan dengan konsumen secara baik.

Dengan fokus pada layanan, maka brand yang kamu bangun punya reputasi baik. Para calon pelanggan juga akhirnya akan penasaran, bahkan rela beli produk yang kamu jual karena rasa penasaran mereka, bukan karena butuh sebagai prioritas utama.

freelance copywriter

Strategi Penjualan Online Melalui Email Marketing

Ada banyak alasan mengapa kamu harus mempertimbangkan strategi penjualan online ini. Pertama, karena email marketing membuat bisnis jadi lebih terukur, karena kamu tahu siapa yang menerima email.

Kedua, email marketing sangat cocok untuk pendekatan personal. Jadi, kamu langsung menghubungi para pelanggan. Dengan cara ini, justru para pelanggan merasa lebih memperoleh perhatian.

Lainnya, 33% orang pasti punya email, biaya email marketing juga tidak terlalu mahal.

Salah satu tool yang bisa membantu kamu dalam mengelola email marketing adalah MailChimp. Tool tersebut memberikan batasan, yaitu hanya 2000 kali kirim email per bulan.

Ketika ingin mencoba email marketing, pastikan kamu sudah punya database calon konsumen.

Jadi, cara yang sesuai untuk kamu coba adalah dengan tawarkan e-book gratis dan juga bermanfaat.

Ketika audiens ingin mendownload ebook tersebut, mereka harus memasdukkan email supaya masuk dalam database.

Nah, sekarang kamu sudah tahu banyak hal tentang bagaimana strategi penjualan online supaya kamu punya target market lebih luas.

Baca Juga  Marketing Online Untuk Pemula

Kamu juga bisa mengkombinasikan berbagai cara di atas untuk memperoleh hasil lebih maksimal.

Strategi yang sudah kamu pelajari dalam konten ini juga sesuai untuk membangun bisnis. Sebagai pemula, kamu tentu harus membuat branding yang kuat, didukung layanan customer management yang optimal.

Jangan takut untuk memulai bisnis atau menjual secara online. Selain website, kamu juga bisa memanfaatkan sosial media dan ikuti berbagai strategi penjualan online sesuai kebutuhan.

Untuk membuat beberapa hal, kamu mungkin perlu berkolaborasi, atau menggunakan jasa supaya penjualan online lebih lancar. Sehingga, omzet terus meningkat sesuai harapan, semoga bermanfaat!