Strategi Marketing Online Untuk Bisnis Kecil Modal Rendah

Strategi marketing online, apa itu yang pengen kamu cari? Okelah, kami artikan bahwa kamu sudah tahu banyak tentang internet. Coba cek deh InternetLiveStats, Ada milyaran manusia yang menggunakan internet ketika kamu baca tulisan ini.

Dengan pengguna internet yang terus bertambah, ini juga sangat berpengaruh dengan meningkatnya penggunaan mesdos dan video.

Nah, untuk kamu yang punya usaha kecil dan ingin berkompetisi dengan perusahaan besar, kamu baca di tempat tepat. Berikut tips wajib untuk kamu baca.

Strategi Marketing Online Untuk Bisnis Kecil

1. Strategi Marketing Online Wajib SEO

Senjata pertama yang wajib kamu pakai adalah SEO untuk analisis kondisi saat ini.

Kamu membutuhkan tool analyzer yang bagus untuk SEO website karena ini sangat penting fungsinya. Tool seperti ini bekerja untuk membantu melihat seperti apa kompetisi dan kompetitor.

Tool juga membantu untuk melihat berapa banyak keyword rank, berapa banyak backlink, dan frekuensi penggunaan keyword. Pastikan juga untuk meninjau apakah keyword sudah digunakan dalam meta description, header tags, serta title tags.

Setelah kamu punya berbagai ide atau strategi untuk berkompetisi, kamu bisa memulai untuk meningkatkan ranking.

2. Riset Kata Kunci

Bahkan, website populer seperti milik Neil Patel masih saja menggunakan fresh keyword yang ia riset beberapa kali dalam seminggu. Hal ini karena riset keyword itu penting banget untuk strategi online marketing.

Dengan memilih keyword yang tepat, maka website bisa berada dalam posisi pertama Google. Salah satu tool keyword planner adalah Google Adwords.

Tool ini menjadi tool penting ketika riset keyword yang ingin kamu rank. Cara menggunakan Keyword Planner yang mudah adalah untuk riset pencarian yang berhubungan dengan keyword.

3. Mulai Bikin Blog

Menurut WordPress, setiap bulannya selalu ada 409 juta orang membaca lebih dari 23.7 milyar pos dalam platform ini.

Baca Juga  3 Alasan Pakai Jasa Social Media Untuk Bisnis

Tentu saja, konten itu sangat banyak jumlahnya, dan kamu harus membuat blog berkuaitas untuk menarik perhatian banyak pengunjung.

Menggunakan jasa konten kreator harus selektif karena ngga sedikit content creator yang justru bikin artikel terlalu banyak keyword juga ngga bagus karena nggak menyediakan konten bermanfaat buat para pembaca. Jadi, kamu harus benar-benar selektif ketika memilih jasa content creator, ya!

Kalau kamu penasaran berapa lama waktu untuk menulis postingan blog berkualitas, setengah dari seluruh blogger menjawab bahwa masing-masing postingan membutuhkan waktu dari sejam hingga tiga jam.

4. Buat atau Gabung Grup Facebook

Strategi marketing online berikutnya adalah dengan menggunakan Facebook Groups. Facebook punya fitur ini untuk memberi ruang bagi orang-orang yang suka berdiskusi, bertukar pengalaman, dan ide.

Perlu diingat bahwa jangan sampai kamu melakukan postingan spam, karena bisa saja moderator grup mendepak kamu keluar sebagai member.

Trik menggunakan Facebook Groups untuk marketing online adalah berbagi konten bermanfaat.

Banyak grup yang memiliki anggota, dari 1.000 orang hingga 100.000, tapi bisa lebih juga.

Manfaatkan kolom pencarian pada Facebook untuk mencari grup. Setelah itu, pilih mana yang berpotensi untuk meningkatkan calon pembeli.

Ketika kamu berhasil meraih status level advance, kamu bisa membuat Group Facebook Sendiri loh. Sehingga, akan lebihh efektif untuk perkembangan dan pertumbuhan audiens dibandingkan hanya profile dan halaman bisnis.

Jadi, kamu bisa memanfaatkan Facebook Group sebagai ladang untuk menghasilkan uang. Terutama, jika kamu menjalankan sebuah bisnis kecil tanpa ingin mengeluarkan modal terlalu banyak.

perusahaan digital marketing

5. Strategi Marketing Online – Gabung Forum

Nggak cuman Facebook yang dapat kamu manfaatkan untuk berbisnis online. Bahkan, kamu juga bisa membuka interaksi, diskusi dengan menggunakan platform medsos lain.

Baca Juga  Strategi Bisnis Online Agar Omzet Meningkat

Penting sekali untuk aktif dalam berbagai forum sehingga kamu bisa berbagi pendapat dan menjelaskan tentang apa bisnis kamu. Selain sosmed, kamu bisa menggunakan beberapa website untuk diskusi kelompok, seperti Reddit dan Tumblr.

Dengan cara tersebut, maka kamu dapat membangun reputasi dalam komunitas, terutama forum. Sehingga, akan semakin banyak membantu orang untuk melihat kamu sebagai sosok cerdas, pemimpin inovatif dan lainnya.

Itulah mengapa, kamu bisa menggunakan medsos atau website untuk strategi pemasaran dan membangun kepercayaan.

Kamu juga bisa menggunakan Quorra untuk kepentingan forum dan diskusi online.

Sekarang, kamu sudah tahu banyak hal tentang marketing online dan strategi untuk perkembangan bisnis kecil kamu. Semoga bermanfaat!