Strategi Digital Marketing Biar Bisnis Makin Melejit

Strategi digital marketing, boleh dikatakan sih kalau jaman sekarang sangat bergantung dengan internet. Konsumen dan para pelaku bisnis selalu online dan berada dimana-mana.

Sebagai pelaku bisnis, tentu dong kamu ingin menjangkau seluruh target pasar. Kamu juga ingin menyelidiki seperti apa perilaku, dan bagaimana atau dimana mereka menghabiskan waktu.

Tapi, ketika kamu membangun bisnis, alur dalam dunia digital yang terus berubah kadang bikin kamu perlu belajar banyak. Dengan banyaknya tanggungjawab dan tugas yang harus kamu selesaikan, gimana sih caranya membangun strategi digital marketing yang efektif?

jasa marketing yogyakarta

Apa Itu Strategi Marketing?

Ini adalah poin utama yang wajib kamu pelajari. Sangat penting untuk memahami dulu bagaimana strategi marketing berbeda dari strategi digital marketing sebelum menerapkan satu atau keduanya di perusahaan kamu.

Strategi marketing adalah rencana, tujuannya untuk mencapai tujuan marketing yang lebih spesifik, dengan misi yang sangat terarah dan bisa dicapai. Kamu harus mempelajari tentang apa sih yang dijalankan dalam perusahaan kamu, dan apa sih yang meleset dari tujuan yang kamu atur.

Jadi, strategi adalah langkah-langkah yang mungkin dicapai untuk meraih tujuan. Entah itu untuk marketing atau nggak, ada tiga bagian dalam semua strategi yaitu:

  • Diagnosis tantangan/ kendala
  • Kebijakan yang terarah untuk mengatasi kendala tersebut
  • Kumpulan tindakan yang diperlukan untuk mencapai kebijakan.

Strategi pemasaran bisa melibatkan banyak hal yang nggak tetap, dan dengan tujuan yang berbeda. Sehingga, menerapkan strategi bisnis tidaklah mudah. Jadi, kalau kamu merasa bahwa strategi marketing sangat menantang dan menguras energi, kamu bisa fokus dengan tiga langkah di atas.

Selain strategi marketing, kamu juga harus tahu tentang taktik marketing: Tindakan spesifik dalam strategi supaya kamu bisa mencapai tujuan akhir. Taktik harus nyata, dan merupakan langkah yang mudah kamu lakukan untuk mencapai tujuan.

Baca Juga  Konten Instagram Paling Menarik Untuk Memulai Bisnis

Berikut adalah strategi marketing paling dasar:

  • Membuat blog dan posting beberapa konten relevan.
  • Buat iklan di platform medsos spesifik.
  • Menawarkan pendidikan gratis.
  • Optimasi konten digital agar SEO-Friendly.
  • Buat kontes atau giveaway.
  • Tes berbagai tipe kampanye berbeda untuk menentukan apa yang terbaik bagi audiens.
  • Membuat webinar.
  • Membuat podcast.
  • Memulai kampanye bisnis lewat email

marketing online

Definisi Strategi Digital Marketing

Nah, semua penjelasan tersebut adalah tentang strategi marketing. Tentu berbeda dengan strategi digital marketing. Strategi ini berupa kumpulan tindakan yang sudah kamu rencanakan untuk meraih tujuan pemasaran digital.

Misalnya, kamu ingin menghasilkan lebih banyak leads di sosmed, kamu perlu membuat kampanye digital di Twitter. Atau, kamu juga bisa berbagi konten yang menarik melalui Twitter, sehingga channel kamu bisa memperoleh lebih banyak perhatian dari target audiens.

Berikut adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan untuk membuat strategi digital marketing:

  • Bangun buyer persona
  • Mengidentifikasi tujuan-tujuan dan alat digital marketing sesuai kebutuhan bisnis.
  • Melakukan evaluasi channel dan asset digital yang sudah ada.
  • Lakukan audit dan rencana kampanye media yang kamu miliki.
  • Identifikasi tujuan dan alat digital marketing yang kamu butuhkan.
  • Audit dan rencanakan kampanye media yang sudah kamu hasilkan.

Jadi, pastikan untuk merencanakan strategi digital marketing untuk jangka panjang. Paling nggak, bisnis yang kamu bangun butuh sekitar 6 bulan hingga 1 tahun untuk membuat rencana strategi yang tepat. Semua tergantung dari bisnis yang kamu jalankan. Sehingga, kamu dan tim dapat mengeksekusi setiap tindakan yang diperlukan.

Misalnya, pada bulan Januari, kamu bisa membangun blog. Lanjutkan posting konten setiap satu minggu sekali rutin. Kemudian, kamu bisa melanjutkan merilis ebook baru di bulan Maret diikuti dengan promosi berbayar. Sehingga, pada bulan Juli, kamu dapat menyiapkan agenda yang lebih besar.

Baca Juga  Sosial Media Marketing: 3 Langkah Praktis Bikin Konten

Misalnya, apa sih yang kamu harapkan dari berbagai hal yang sudah dilakukan sebelumnya yang dapat mempengaruhi berbagai konten yang kamu buat?

Dengan membuat agenda, maka kamu bisa menciptakan sebuah timeline yang rapi dan terstruktur dalam kegiatan bisnis. Cara ini akan lebih mudah untuk melakukan komunikasi perencanaan usaha dengan seluruh pihak terlibat.

Semua hal tersebut tentu harus kamu lakukan dengan cara digital. Seluruh tindakan yang kamu lakukan untuk mencapai tujuan berbisnis, namun menggunakan cara digital atau online.