5 Tipe Sosial Media Dan Manfaatnya Untuk Bisnismu

Sosial Media menjadi hal yang sudah tak asing lagi di era digital ini. Kamu mungkin punya berbagai jaringan sosial. Contohnya, kamu mungkin mengelola akun Twitter, Facebook, Instagram, YouTube, dan lainnya.

Nah, masing-masing sosial media pasti punya “selera” masing-masing. Maksudnya, beberapa mesos dibuat untuk membantu menemukan, menyimpan, atau membagi konten baru.

Sedangkan beberapa lainnya justru menawarkan platform untuk menemukan dan mengulas bisnis. Tipe social media lainnya adalah untuk belanja online, berkomunikasi secara anonymous, berbagi hal menarik termasuk hobi, dan masih banyak lagi.

Jadi, bagi pelaku bisnis, kalau kamu tahu apa bisnis kamu, dan mana platform medsos yang sesuai, tentu ada manfaat besar. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mencari ide baru dan membangun channel dalam berbisnis.

media sosial untuk bisnis

 

1. Sosial Media Untuk Jaringan Sosial

Contohnya adalah Twitter, Facebook, LinkedIn, dan lainnya.

Tipe medsos seperti ini biasa dipilih banyak orang untuk menghubungkan orang dan brand secara online.

Manfaat tipe medsos ini adalah untuk riset pemasaran atau untuk membangun brand awareness. Selain itu, kamu dapat menggunakan tipe medsos ini untuk membangun relasi dengan para pelanggan, serta melayani pelanggan. Tentu saja, ada banyak manfaat yang tidak terkira.

Social network atau juga disebut dengan relationship networks membantu menghubungkan orang dan organisasi. Fungsinya untuk berbagi informasi dan ide.

Artinya, kamu bisa memanfaatkan Facebook, Twitter, dan lainnya pada tipe Social Media ini untuk rencana pemasaran, meningkatkan strategi saat ini, dan masih banyak lagi!

2. Media Sharing

Contoh media sosial untuk media sharing adalah Snapchat, Instagram, serta YouTube. Kamu dapat menggunakannya untuk menemukan dan berbagi foto, video, dan lainnya.

Medsos ini penting untuk memberikan orang atau brand sebuah wadah guna menemukan dan berbagi media online. Contohnya dalam bentuk video, foto, atau konten lainnya.

Baca Juga  3 Poin Penting Pakai Social Media Management

Kamu perlu menggunakan type media sosial ini untuk meningkatkan berbagi media untuk berbisnis.

3. Forum Diskusi

Quora, Reddit, dan Digg contohnya adalah tipe sosial media untuk menemukan, berdiskusi, dan berbagi berita, opini, serta informasi.

Keuntungannya untuk bisnis kamu adalah sebagai tempat riset. Kamu bisa membuat iklan, atau lainnya.

Situs seperti Quora menjadi tempat untuk membicarakan sebuah topik atau informasi yang kemungkinan bagus untuk kepentingan bisnis kamu. Kamu bisa menggunakannya untuk customer research secara mendalam atau bahkan mencari opini jujur dari netizen.

Bahkan, kalau kamu bisa berhati-hati untuk membuat pos dan membuat iklan secara terpisah, tipe media sosial seperti ini bagus banget untuk beriklan. Contohnya adalah menggunakan reddit untuk beriklan.

5. Blogging and Publishing

Social Media tipe ini adalah WordPress, Medium, dan Tumblr. Hampir seluruh masyarakat menggunakan wadah ini untuk menerbitkan, menemukan, dan memberi komentar terhadap konten online.

Nah, apa saja manfaat untuk berbisnis menggunakan medsos ini? Sebagai bagian dari konten marketing, tentu akan meningkatkan hubungan dan interaksi dengan audiens, membangun brand, dan meningkatkan konversi penjualan.

Blogging atau publishing sangat baik bagi perusahaan untuk membangun konten online dalam tujuan menemukan, membagikan, dan saling berkomentar. Kamu bisa menggunakan WordPress atau Blogger, Tumblr, serta platform medsos lainnya yang lebih interaktif seperti Medium.

Kalau strategi promosi bisnis kamu menggunakan content marketing, maka sebuah blog akan sangat baik untuk bisnis kamu loh! Blog nggak cuman untuk meningkatkan brand awareness, tapi bisa membuat bisnis kamu jadi pelopor dalam industri.

sosial media marketing

Kesimpulan

Dengan sosial media, kamu bisa langsung berbagi informasi, menggunakan aplikasi atau website untuk share konten secara langsung, efisien, dan cepet banget.

Baca Juga  5 Caption Instagram Powerful Lejitkan Bisnismu!

Apapun alat komunikasi internet yang kamu pakai, selama kamu bisa share konten langsung dan saling terikat dengan publik, untuk bisnis, sudah bisa dibilang sebagai internet marketing.

Walaupun ada jenis medsos yang punya keunikan masing-masing, tapi secara keseluruhan, seluruh pengguna harus bikin profil pengguna dulu. Caranya dengan bikin nama dan pakai alamat email.

Setelah profil sudah dibuat, kamu bisa membuat konten dan berbagi konten. Semuanya juga menggunakan algoritma, sesuai data profil pengguna.

Platform sosmed kini menjadi bagian penting dalam pemasaran, bahkan untuk bisnis apapun. Agar dapat menggunakan sosmed untuk bisnis dan berhasil, tentu ada kuncinya. Kamu harus merawat akun sosmed, menghormati orang lain, dan memperhatikan apapun untuk upaya pemasaran.

Nah, gimana? Sekarang kamu jadi lebih tahu gimana sih manfaat sosial media untuk kepentingan berbisnis.