Sosial Media Marketing: 3 Langkah Praktis Bikin Konten

social media marketing

Sosial media marketing adalah metode promosi atau pemasaran jasa dan produk. Dalam hal ini, kamu bakalan menggunakan platform media sosial. Nah, ada 12 platform media yang bisa kamu pakai loh.

Selain Youtube, Facebook, WhatsApp, kamu juga bisa pakai Instagram, Line, Twitter dan masih banyak lagi. Nah, tidak hanya sosial media marketing yang harus kamu pelajari. Tetapi, kamu juga wajib mempelajari tentang gimana sih bikin konten yang menarik untuk sosial media.

Bikin Konten Untuk Sosial Media Marketing Itu Mudah

Saat membuat konten, kamu juga tidak asal-asalan untuk membuatnya. Berikut beberapa tips agar konten menarik para calon pembeli.

Pelajari Tentang Target Audiens

Sebelum membuat konten, lakukan strategi yang sukses yaitu dengan mencari tahu siapa target audiens yang kamu inginkan. Sehingga, hasil konten nanti adalah relevan dan menarik. Audiens adalah orang yang nantinya akan menggunakan jasa atau produk yang kamu jual.

Perhatikan juga apa tipe konten yang sesuai untuk audiens tersebut. Apakah audiens kamu ingin informasi tentang penggunaan produk atau jasa yang kamu tawarkan? Ataukah, mereka lebih tertarik dengan promosi, diskon, atau penawaran menarik dari brand yang kamu punya? Atau, mungkin justru lebih suka konten panjang?

Agar lebih menarik dan dapat mencakup kebutuhan audiens, kamu bisa membuat berbagai tipe konten. Masing-masing audiens pasti punya selera sendiri jika berbicara tentang mana konten yang menarik.

sosial media marketing

Atur Tujuan Menggunakan Konten Pada Sosial Media

Apa tujuan kamu untuk membuat konten? Mengapa memulai bisnis dengan menggunakan sosial media? Apa yang membuat kamu jadi tertarik dan bikin konten? Banyak hal yang wajib kamu tanyakan ke diri sendiri tentang apa saja perencanaan dan langkah yang ingin kamu ambil.

Baca Juga  Video Instagram 101: Penjual Online Wajib Baca!

Dari 10 pemilik bisnis, 9 orang mengatakan bahwa sosial media marketing dapat membantu meningkatkan penjualan. Konten menarik harus terus dilakukan secara bertahap.

Brand awareness menjadi tujuan utama mengapa ada konten marketing. Sehingga, orang nantinya akan lebih mengenal siapa kamu dan apa yang kamu lakukan.

Ketika pertama kali membangun bisnis lewat konten, mungkin banyak orang yang belum membeli, tapi minimal sudah mengerti apa dan siapa kamu.

Selesai dengan brand awareness, kamu juga bisa lanjut menetapkan tujuan agar terjadi peningkatan penjualan. Artinya, konten sangat penting untuk dapat memberikan informasi produk, promosi, dan lainnya.

Upload Konten Sesuai Waktu Terbaik

Ada banyak penelitian yang dapat kamu temukan dalam Internet, seperti waktu terbaik saat mengunggah konten ke website, email, dan medsos.

Untuk kamu yang menggunakan Email, Mail Chimp menyebutkan waktu mengirim newsletter pada audiens adalah pada pukul 8 pagi sampai pukul 2 siang.

Sementara itu, sebuah penelitian oleh TrackMaven menyebutkan bahwa waktu terbaik saat upload artikel ke Website Post yaitu pukul 3 sore. Sedangkan hari terbaik untuk upload konten adalah hari minggu.

Sosial media marketing menggunakan Facebook akan lebih tinggi, yaitu 18% pada Kamis dan Jumat, serta 32% lebih tinggi saat weekend. Sedangkan, jam 1 siang adalah waktu tepat untuk mendapat share banyak. Sementara itu, jam 3 sore adalah waktu terbaik untuk memperoleh klik terbanyak.

Instagram juga dapat kamu gunakan sebagai social media untuk memasarkan barang dengan waktu terbaik saat jam 2 siang sampai jam 5 sore.

social media marketing mudah

Jenis Konten Untuk Sosial Media Marketing

Berikut adalah berbagai jenis konten yang tepat buat promosi bisnis kamu:

  • Case studies
  • Charts
  • Ebooks
  • Email Newsletter
  • How to’s
  • Artikel opini
  • Vlog
  • Survey
  • Quiz
  • Quotes
Baca Juga  Digital Marketing: Penting Atau Bikin Pusing?

Dan masih banyak lagi!

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa aja konten yang bisa kamu pakai buat marketing di sosial media. Mulai bisnis kamu sekarang juga!