3 Poin Penting Pakai Social Media Management

Social media management adalah proses mengatur eksistensi kamu secara online dalam berbagai platform medsos, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Caranya adalah dengan membuat konten, mempublikasikan, dan menganalisa konten yang kamu posting.

Nggak cuman itu, tapi manajemen untuk sosmed juga termasuk tindakan untuk berinteraksi dan berhubungan dengan para pengguna sosmed.

Cara mengaturnya bisa menggunakan jasa, alat, atau seorang manajer medsos. Bisa juga sih dengan sewa seorang manajer medsos yang berfungsi sebagai konsultan, atau team yang bikin konten.  Mereka juga harus profesional yang tahu banyak hal tentang social media marketing, iklan, dan lainnya.

Dengan bantuan manajer medsos, kamu bisa mencapai tujuan menggunakan sosial media untuk bisnis, seperti meningkatkan pendapatan dari social media.

Apapun cara kamu, entah menggunakan agensi, atau menggunakan seperangkat alat, sangat penting tahu banyak hal tentang social media management.

Kamu bisa baca artikel ini untuk belajar gimana cara menggunakan medsos untuk kepentingan bisnis berikut.

animasi sosial media untuk branding

Apa Itu Social Media Management?

Proses untuk membuat, mempublikasikan, dan menganalisis konten postingan di platform medsos. Contohnya pakai Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya yang melibatkan interaksi dengan para pengguna platform tersebut.

Kamu juga bisa melakukan streamline manajemen dalam medsos dengan menggunakan tool atau alat gratis atau berbayar. Bahkan, bisa pakai layanan Tukang Kata Kata.

Kenapa Harus Menerapkan Manajemen Ini?

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu nikmati dengan menggunakan konten untuk social media management, seperti berikut:

  • Biaya: Nggak peduli berapa biaya pemasaran yang kamu sediakan, medsos adalah pilihan tepat untuk menekan biaya. Menggunakan medsos itu gratis, bahkan kamu bisa buat konten, posting, dan lanjut berinteraksi dengan para pengguna. Bahkan, dengan bikin iklan, kamu bisa memperoleh keuntungan banyak untuk mencapai para pelanggan dan membangun para pengikut secara online.
  • Jangkauan: Jaringan medsos seperti Facebook atau LinkedIn, membantu menghubungkan bisnis kamu dengan seluruh penggunanya di dunia. Kamu bisa juga menggunakan Pinterest untuk memperoleh audiens sesuai niche. Itulah mengapa bisnis sangat membutuhkan manajemen medsos.
  • Pengguna: Melibatkan medsos untuk strategi pemasaran memberikan peluang pemasaran yang besar dengan perilaku para penggunanya. Contohnya, 74% orang sudah menggunakan sosmed untuk mengambil keputusan menggunakan produk atau jasa tertentu. 80% orang memperoleh nasehat untuk membeli apapun lewat sosmed.
  • Kinerja: Marketer atau pemilik bisnis juga setuju dengan penggunaan sosmed untuk marketing dan advertising. Dengan medsos, perusahaan bisa membangun branding awareness, menciptakan peluang dan peningkatan penjualan. Lebih dari 45% marketer dalam bidang Business-to-Business, telah memperoleh hasil nyata dari Facebook.
Baca Juga  Antara Pakai Jasa Personal Branding Atau Garap Sendiri?

sosial media untuk bisnis

Apa yang Dilakukan Dalam Social Media Management?

Bagian utama manajemen medsos adalah mengidentifikasi audiens yang kamu miliki. Jika agensi atau perusahaan kamu tidak tahu siapa audiens atau target market, maka proses mengembangkan strategi penggunaan sosmed akan lebih sulit.

Jadi, ketika kamu pakai manajemen tersebut, pastikan untuk tahu siapa target pasar kamu. Sehingga, bisa kamu maksimalkan investasi dalam manajemen sosmed. Hasil akhirnya, kamu bisa memperoleh ROI yang lebih besar.

Selain itu, penting juga untuk mengembangkan strategi terlebih dahulu sebelum kamu meminta bantuan manajer akun medsos untuk membuat kampanye bisnis kamu melalui konten.

Beberapa agensi bahkan fokus pada membangun strategi sesuai platform medsos yang digunakan. Hal ini karena masing-masing medsos pasti punya peran dan kegunaan yang berbeda.

Selain menentukan target audiens, kamu juga membutuhkan agensi konten untuk membantu beberapa hal seperti:

  • Tujuan bisnismu: Apa tujuan bisnismu dengan menggunakan mesdos? Apakah kamu mau membangun brand awareness diantara seluruh pelanggan atau ingin membangun loyalitas brand pada klien yang sudah ada? Atau, apakah kamu punya tujuan lain?
  • Industri: Apa sih yang ingin diketahui oleh audiens di industri kamu? Apakah ada celah konten yang ingin kamu isi dengan hadirnya bisnis kamu? Apakah kamu butuh membuat postingan blog atau pedoman tertentu yang ingin kamu bagikan ke sosmed?
  • Brand: Apa sih brand bisnis kamu? apakah ada standar atau proses tertentu ketika menjalin ikatan dengan klien di sebuah forum publik? Atau, seperti apa sih pengaruh branding dalam media yang kamu gunakan?