Membuat Konten Instagram Ads Untuk Pemula

Instagram ads gak jauh berbeda dengan instagram. Fungsi keduanya adalah sebagai media untuk mempromosikan jasa atau produk. Kalau biasanya kamu menggunakan Instagram dengan berbagai fitur canggih seperti Instagram Story, hashtag, atau Instagram feed. Tapi kini kamu bisa menggunakan fitur Instagram Ads.

instagram ads untuk pemula

Tentang Instagram ads

Sebagai fitur Instagram, kamu bisa menggunakan platform untuk beriklan. Cara jualan di Instagram ini wajib kamu coba karena bentuk iklan memang sama seperti instagram feed atau Instagram Story.

Nggak cuman itu tapi iklan di Instagram juga cukup sama dengan Facebook ads, khususnya dalam pembuatan. Hal ini dikarenakan kedua platform tersebut sudah diintegrasikan oleh facebook ads manager sejak tahun 2012.

Bagi pemula, bisa membuat iklan di Instagram ads menggunakan beberapa tips berikut.

Pertama, rencanakan strategi yang tepat. Pada poin ini, harus mengerti apa tujuan beriklan. Selain itu, harus tahu apa produk atau jasa yang ingin kamu promosikan. Bahkan, harus merencanakan apa pencapaian dengan beriklan.

Buatlah berbagai pertanyaan yang dapat kamu jadikan sebagai patokan untuk menentukan arah dalam berbisnis melalui Instagram ads.  Kalau sudah mulai siap dengan beriklan di Instagram, visual adalah poin utama dalam jualan di sosial media. Kamu akan membuat konten berupa video atau foto yang harus menarik.

Untuk single image, ukuran ideal adalah 1200 x 628 pixel. Sedangkan ukuran Facebook serta Instagram Story adalah 1080 x 1920 pixel. Rasio single image adalah 9: 16- 16: 9.

Untuk format carousel, ukuran ideal adalah 1080 x 1080 pixel (30 MB) dan rasio 1:1 (Persegi)

Membuat iklan dari Instagram dengan format slideshow, ukuran idealnya adalah 1280 x 720 pixel. Sedangkan ukuran rasio adalah 16: 9, 1:1, serta 2:3.

Baca Juga  4 Alasan Pakai Media Sosial Untuk Bisnis Kamu

Format video sebaiknya dalam bentuk .mov atau menggunakan format .mp4.
Untuk membuat konten Instagram ads dalam bentuk single video, format video ideal adalah .mov, .mp4, serta .gif.

Sedangkan rasio yang tepat adalah 9: 16 atau 16: 9. Pastikan bahwa single video memiliki resolusi 16 pixel minimal. Sedangkan, ukuran file adalah 4 GB maksimal. Jadi, single video tersebut memiliki durasi 1 sampai 60 detik.

instagram ads basic

Membuat Instagram ads natural

Kamu pasti pernah melihat sebuah iklan tapi justru nggak kelihatan kalau sedang ngiklan. Dan, dari situ kamu merasa takjub karena justru iklan ini benar-benar berbeda. Nah itu artinya, iklan tersebut tampak begitu natural. Sehingga, kamu merasa tertarik untuk melihat sampai selesai.

Untuk membuat iklan seperti ini, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu. Mulai dengan melihat kompetitor atau gunakan hashtag.  Kemudian, modifikasi iklan tersebut dengan ciri khas supaya ya iklan ini tampak tidak seperti iklan.

instagram ads

Pakai hashtag dalam beriklan

Ketika membuat konten untuk iklan Instagram, jangan lupa untuk mencantumkan hashtag atau tagar pada campaign bisnis. Atau, kamu bisa pakai hashtag dalam kategori produk. Dengan menggunakan tagar justru dapat membuat iklan jadi lebih tampak.

Instagram ads jadi lebih menarik ketika kamu melibatkan pelanggan yang sedang menggunakan produk jualanmu. Nah, agar lebih meyakinkan mention instagram pelanggan tersebut sehingga audience benar-benar yakin kamu sudah memiliki pelanggan untuk produk yang kamu tawarkan.

Kesimpulannya, konten Instagram itu sangat bervariasi sesuai kebutuhan. Walaupun, kamu sudah mengeluarkan biaya besar untuk membuat iklan, tapi dengan strategi yang tepat kamu bisa mengembalikan modal tersebut dan membuat produk jualan kamu terjual dengan cepat. Bahkan, bisa membuat penjualan meningkat.

Baca Juga  Digital Marketing: Penting Atau Bikin Pusing?

Walaupun, kamu adalah seorang pemula dalam berbisnis menggunakan Instagram, dunia digital membuat kamu lebih mudah untuk memperkenalkan jualan bahkan dengan bersaing melawan toko online lainnya yang sudah unggul.