5 Tren Konten Promosi Untuk Bisnismu

Konten promosi melalui sosial media menjadi salah satu inovasi untuk tetap berinteraksi dengan calon pelanggan. Sampai saat ini, instagram dan Facebook menjadi dua platform paling favorit dalam satu dekade untuk promosi melalui konten. Kedua media sosial tersebut menjadi saluran efektif dengan fitur iklan ads.

Kendati demikian, tidak semua jenis konten sesuai untuk menarik perhatian calon pembeli, terutama jika menggunakan media sosial. Kalau kamu pengen bikin bisnis makin maju dan efektif, kamu bisa mencoba jenis konten berikut.

pemasaran digital

1. Buat Promosi Konten Shoppable

Kamu mungkin pernah melihat posting dengan harga produk muncul setelah klik. Nah, itu adalah salah satu contoh Shoppable Post. Tren konten seperti ini memungkinkan calon pembeli langsung tau harga dan diskon. Sehingga mereka tidak perlu lagi dialihkan ke katalog atau situs lain.

Fitur instagram tersebut menjadi favorit brand atau bisnis. Pasalnya, memang dapat meningkatkan daya beli audiens serta membuat proses transaksi jadi lebih mudah.

Walaupun tren ini tergolong menarik, tapi hanya merk besar saja yang menggunakan fitur tersebut. Hal ini karena mereka sudah diverifikasi instagram. Untuk menggunakan fitur ini, maka kamu perlu bangun followers dulu.

2. Inisiatif Bisnis Untuk Kemanusiaan

Bisnis yang memiliki kegiatan tanggung jawab secara sosial dalam menangani isu kemanusiaan ternyata lebih diterima pasar. Sehingga, hal ini tentu jadi kabar baik bagi bisnis kecil yang sedang ingin membangun citra dan memperoleh kepercayaan konsumen.

Itulah mengapa, pastikan bisnis kamu bisa membagikan inisiatif baik pada media sosial dengan konten promosi tepat. Pastikan terdapat loyalitas konsumen dan konten menarik. Sampaikan juga misi sosial sehingga lebih banyak orang tertarik berinvestasi pada bisnis yang kamu jalankan.

Baca Juga  5 Langkah Bikin Content Digital Super Kece

Bisnis atau merk harus mengangkat isu tepat dan relevan sesuai situasi pasar. Sehingga, semua upaya tampak tulus.

3. Micro Influencer dan Konten Promosi Dari Penggguna

Influencer memberi pengaruh besar pada penjualan. Ketika menggunakan influencer dengan follower tinggi, maka akan memakan biaya besar, seperti sampel produk gratis, serta biaya konten promosi.

Solusi tepat agar tetap dapat bersaing tanpa menggunakan influencer top, kamu bisa meminta micro-influencer. Bahkan, kamu dapat menggunakan micro-influencer untuk membuat konten. Kamu dapat membuat ulasan produk lebih jujur dan natural, tentunya.

Walaupun tidak ada followers tinggi, namun cara seperti ini dilengkapi dengan engagement serta target audiens. Bahkan, sebuah studi menyebutkan jika micro-influencer punya tingkat engagement hingga 60% lebih baik daripada influencer level atas.

Dengan inilah, kamu bisa investasi lebih baik serta menggunakan sisa anggaran untuk kegiatan pemasaran.

4. Fitur Stories Untuk Bangun Engagement

Pengguna Instagram adalah mereka yang berusia mulai 18 tahun hingga 35 tahun. Mereka adalah generasi milenial serta Gen Z dengan rentang perhatian justru lebih pendek.

Tipe audiens seperti ini lebih suka konten dengan sifat cerita dan hal-hal yang bikin penasaran. Itulah mengapa fitur Facebook dan Instagram stories justru lebih populer.

Nah, kamu dapat memanfaatkan Stories untuk konten promosi. Sehingga, kamu benar-benar bisa menjangkau audiens.

5. Filter Instagram

Terakhir, filter Instagram begitu populer karena kamu dapat menarik perhatian dengan buat filter baru. Kamu bisa buat filter menarik dan unik. Contohnya, konten sukses adalah konten seperti kuis “XXX manakah kamu” pada Instagram.

media sosial

Kesimpulan

Menurut statistik penelitian Hubsot, tahun 2014  sebanyak 92% pelaku bisnis menyebutkan bahwa konten promosi menggunakan medsos penting untuk bisnis.

Baca Juga  Asyiknya Memakai Social Media

80% juga menganggap medsos adalah alat efektif untuk menaikkan traffic website.

Nah, dengan promosi melalui konten, ada banyak manfaat yang bisa kamu nikmati seperti:

  • Membangun brand awareness
  • Loyalitas brand jadi meningkat
  • Peluang konversi lebih tinggi
  • Otoritas brand jadi meningkat
  • Inbound traffic naik
  • Biaya promosi berkurang
  • Peringkat google lebih tinggi

Dengan membuat konten untuk promosi di medsos, kamu bisa berkomunikasi dengan pelanggan. Seluruh interaksi yang terjadi merupakan peluang untuk mengenal produk dan layanan pelanggan.

Ketika pelanggan puas, kamu juga bisa memberikan ucapan terimakasih dan melanjutkan rekomendasi produk lain. Cara ini akan memberikan pengalaman pelanggan untuk tetap nyaman menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Untuk kamu yang ingin membuat konten promosi dalam bisnis merk, kamu bisa menggunakan layan pemasaran Tukang Kata Kata. Kami menawarkan strategi pemasaran sesuai kebutuhan bisnis.