5 Rahasia Bikin Konten Menarik Langsung Viral

Konten menarik selalu gampang viral, pernah nggak sih kamu penasaran bagaimana cerita dibalik postingan itu?

Jadi, konten viral adalah konten yang selalu bisa memancing pembaca supaya mereka bisa share konten tersebut ke seluruh teman medsos. Nggak cuman FB, bisa juga dari aplikasi messenger, sosial media, atau juga blog, foto meme misalnya.

Jika kamu ingin membuat konten menarik dan viral, juga berkualitas, sehingga upaya promosi juga jadi berkurang.

Manfaat konten viral buat bisnis kamu jadi gampang melakukan promosi, trafik juga ikut naik.

Kenapa Harus Bikin Konten Menarik?

Para pengguna facebook share sebanyak 2.460.000 konten per menit. Ini juga jadi peluang besar buat kamu yang pengen bikin konten viral. Sekali bikin konten yang menarik, maka siapapun yang menggunakan medsos nggak segan untuk membagikan konten tersebut.

Untuk pemilik website atau blog, ketika semakin banyak share konten yang kamu buat, maka tafik blog jadi meningkat. Sehingga, SEO blog juga ikut menerima dampak positif.

Konten Menarik Gampang Viral

5 Tips Bikin Konten Menarik Dan Viral

Apa saja rahasia konten yang menarik dan gampang viral? Buat kamu yang penasaran, langsung aja deh simak tips berikut.

1. Konten Cocok Buat Pembaca

Hanya konten viral yang sesuai dengan pembaca atau audiens. Kalau kamu bingung gimana cari tahu alasan apa saja yang bikin audiens mau share konten, alasannya sangat bervariasi.

Beberapa pembaca justru share karena buat hiburan, atau sekedar nambah pengetahuan. Informasi yang biasa, tapi belum banyak orang tahu, sangat mungkin bisa viral. Atau, konten seperti motivasi, perasaan, caption, dan lainnya juga gampang viral.

Sedangkan lainnya share konten karena ingin memiliki peran bagi lingkungan, seperti share isu kehilangan, atau informasi penting. Bisa juga karena konten yang menarik tersebut terkait review sebuah produk.

Baca Juga  Konten Instagram Menarik Untuk Ide Posting

2. Perhatikan Pembuatan Konten

Supaya para audiens mau share konten menarik yang kamu buat, maka ada tiga hal penting yang wajib kamu lakukan. Pertama, bikin konten tersebut tampak cerdas, juga up-to-date, dan terakhir tentunya bermanfaat.

Konten yang bagus pasti punya emosi. Pembaca bisa merasa kagum, marah, terkejut, kecewa, menyesal, cemas, atau lainnya.

Agar memperoleh emosi pembaca, Imgur menyebut bahwa hanya empat emosi yang bikin konten jadi viral; kepercayaan, rasa takut, terkejut, kesedihan, hal menjijikkan, dan kemarahan.

Itulah mengapa, kamu mungkin sering melihat konten-konten yang tabu atau kontroversial, anti-mainstream, konten yang sedang tren, konten lucu, atau juga konten aneh.

kontent menarik

3. Bikin Konten Menarik Harus Out of The Box

Sudah pernah cek laman Hipwee? Seluruh konten yang ada disitu nyaris 1500 kata semua, bahkan lebih. Nggak cuman itu, pemilik web juga rutin update konten, menggunakan tema dan gaya bahasanya yang khas.

Hal itu bisa dilihat dari tema, tampilan, cara menyampaikan informasi, sudut pandang, dan lainnya.

Nah, inilah yang wajib kamu pikirkan. Memang, untuk membuat konten menarik sangat menguras tenaga, waktu, apalagi pikiran. Tapi, pengaruhnya justru besar banget, karena bisa menarik perhatian seluruh pembaca.

Untuk membuat konten seperti ini, nggak harus butuh suatu tema yang baru kok. Kamu bisa pakai tema yang sudah familiar tapi dengan eksekusi yang apik.

Kombinasikan kreativitas, value konten, dan juga eksekusi yang matang ya!

Jika kamu kesulitan, Tukang Kata Kata siap membantu. Sebuah agency persuasive content creator yang siap membantu membuatkan konten terbaik untuk bisnismu.

4. Jangan Lupa, Judul!

Walaupun lagi mikirin konten menarik seperti apa yang sesuai untuk website atau bisnis kamu, judul jadi bagian penting. Dari judul, bikin artikel lebih menarik dengan semua cara berikut:

  • Pakai judul yang menunjukkan manfaat
  • Menunjukkan hal memalukan
  • Hal mustahil
  • Mengandung rahasia
  • Tampak keren
  • Unik
  • Spesifik
  • Penting banget dan nggak bisa di-skip!
Baca Juga  4 Alasan Pakai Media Sosial Untuk Bisnis Kamu

Itulah alasan kenapa judul wajib kamu poles. Hal ini penting supaya konten menarik dengan judul efektif dan bikin pembaca jadi tertarik.

5. Pakai Tools

Jangan salah paham dulu, tools disini adalah untuk publikasi konten menarik yang sudah siap. Supaya pembaca bisa membagikan konten secara mudah, pastikan pada setiap konten sudah ada tools untuk membagikan konten.

Tools share konten mengikuti platform website yang kamu pilih, entah itu Blogger atau WordPress.

Tambahkan juga setting Medsos biar siapapun bisa share konten kamu lebih mudah!