Konten Instagram Paling Menarik Untuk Memulai Bisnis

Konten instagram menjadi kebutuhan penting, semenjak platform tersebut menunjang kebutuhan para pelaku bisnis online, khususnya pemula. Manfaat medsos ini adalah untuk meningkatkan penjualan, membangun brand awareness, dan menjangkau seluruh customer.

Nah, sebelum kamu memulai bisnis online dengan instagram, ada baiknya untuk tahu apa saja konten menarik yang bikin target customer rela pantengin postingan instagram kamu.

Konten Instagram Foto & Video

Cara paling simpel ketika bikin konten instagram adalah dengan unggah video atau foto produk. Foto ini nggak boleh cuman foto. Tapi, paling nggak ada hal-hal yang harus kamu lakukan supaya nggak tampak spam dan bikin customer males.

Supaya foto juga video tampak baik, kamu bisa kok melihatkan beberapa sisi produk kamu. Misalnya, tunjukkan apa saja fitur, keunggulan, dan variasi yang tersedia.

Contoh lain, cobalah untuk menunjukkan bahwa bahan produk yang kamu jual adalah unggul. Gunakan foto close up supaya bahan tampak jelas.

Kemudian, perhatikan juga pada bagian background. Buat background bervariasi untuk masing-masing foto supaya feed instagram jadi tampak rapi, tapi background tetap membuat produk tampak jelas ya!

Supaya customer mudah berbelanja, tambahkan shopping tag Instagram pada foto produk. Customer yang tertarik pasti bakal pelajari produk dan membuat transaksi.

Ide Konten Instagram

Bermain Pola Feed Instagram

Trik ini terbilang ampuh loh untuk mencuri perhatian para customer! Apalagi, kalau mereka adalah pengunjung baru yang penasaran dengan profil bisnis kamu.

Trik tersebut juga sudah dibuktikan sendiri oleh para pelaku bisnis Instagram. Atur feed dan bentuk pola supaya visual feed jadi lebih menarik, dan betah melihat seluruh konten instagram kamu.

Feed bisa berbentuk grid diagonal, dengan adanya pola foto berbentuk diagonal. Atau, bisa juga dengan coba tiles, yaitu konten selang-seling seperti papan catur.

Baca Juga  Membuat Konten Instagram Ads Untuk Pemula

Sedangkan feed adalah konten baris, dengan adanya 3 deretan foto di feed dengan visual serupa, puzzle dengan post satu dan lainnya berhubungan.

Semua bisa kamu pilih, asal terdapat koordinasi warna konsisten, dan relevan dengan brand yang pengen kamu bangun.

instagram ads untuk pemula

Konten Kocak/ Meme Menghibur

Instagram juga dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan jangkauan para pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan membuat konten lucu atau meme. Konten seperti ini membuat hari audiens berkesan, sehingga mereka juga tergerak untuk membagikan postingan.

Dengan meme, konten tampak lebih menarik dan feed jadi lebih segar. Tapi, tetap saja membuat meme wajib relevan dengan produk atau bisnis jualan online milik kamu. Selalu ingat kalau meme sangat kreatif untuk menyebutkan seperti apa keunggulan produk yang kamu jual.

Konten Momen Spesial

Nggak sedikit juga sih customer yang sangat senang jika ada konten momen special berseliweran. Entah itu tentang tahun baru, natal, atau akhir tahun, konten musiman seperti ini juga sangat membantu untuk membangun branding bisnis dari instagram.

Lagi-lagi, konten wajib relevan, dengan tujuan membangun hype supaya brand kamu cepat dikenal. Customer yang tertarik juga nggak bakalan keberatan untuk ikutan promo yang kamu adakan.

Konten Instagram – Behind the Scene

Punya bisnis baru udah lama atau baru saja merintis, konten behind the scene adalah salah satu yang wajib kamu coba. Caranya, bagikan foto saat tim sedang melakukan kegiatan untuk brand.

Misalnya, kamu punya variasi baru dalam produk, dan ingin kamu rilis dalam beberapa minggu ke depan. Nah, kamu bisa kok posting foto behind the scene, buat teaser para penikmat feed instagram kamu.

Baca Juga  Strategi Marketing Online Untuk Bisnis Kecil Modal Rendah

Konten Instagram Untuk Bisnis Agar Efektif

Pernah nggak penasaran gimana caranya konten instagram bikin jualan makin laris manis? Salah satu rahasia terbesarnya adalah dari kemampuan kamu dalam membuat konten.

Konten wajib menarik, misalnya dengan menggunakan kata-kata yang bikin siapapun yang baca, pasti langsung cepet-cepet beli.

Contohnya, bisa dengan menambahkan caption diskon 70% dari harga semula. Atau dengan menyandingkan beberapa produk dengan harga bervariasi.

Pengolahan bahasa dan kata untuk konten instagram wajib diperhatikan. Selain itu, juga menggunakan teknik copywriting untuk CTA. Itulah mengapa, ada baiknya untuk menyerahkan bagian ini pada tukang konten creator, termasuk seperti Tukang Kata Kata, jasa konten untuk semua digital marketing.