5 Tips Konten Digital Kreatif, Dijamin Work!

Konten digital adalah hal sangat penting untuk marketing, dan bahkan bisa mempengaruhi kesuksesan perusahaan. Marketing atau pemasaran digital berarti kamu melakukan pemasaran secara digital atau online. Jadi, konten digital adalah hal penting untuk marketing, karena konten jadi perantara.

Fungsi konten digital adalah untuk menyampaikan informasi atau pesan pada calon pelanggan. Membuat konten secara kreatif berarti kamu mampu membuat sistem dengan konsep matang guna menarik minat audiens.

Sehingga, tindakan-tindakan yang mereka lakukan nanti akan memberikan keuntungan pada bisnis yang kamu jalankan.

Saat ini, ada banyak cara kreatif yang dapat kamu lakukan untuk membuat konten. Adalah salah kalau kamu punya asumsi bahwa konten merupakan teks untuk menjelaskan produk, dan tidak ada cara lain selain itu.

Padahal, kamu juga dapat membuat gambar, infografis, video blog, karikatur, animasi, komik, serta motion grafis untuk menyampaikan informasi tersebut.

Apa Itu Content Creator dan Mengapa Kamu Butuh Yang Terbaik?

Cara Bikin Konten Digital Lebih Maksimal dan Out Of The Box

Berikut adalah informasi penting supaya kamu dapat lebih berkreasi membuat konten untuk bisnis yang kamu jalankan.

1. Konten Bersifat Responsive

Nggak masalah, kalau kamu nggak bisa bikin konten sendiri. Kamu bisa menyewa jasa konten creator yang mengikuti selera atau trend pasar. Serta, konten creator tersebut harus mampu mendengarkan respon pelanggan guna mengelola berbagia ide baru dan lebih segar.

Contohnya, kamu bisa mencoba dengan melakukan survey sederhana untuk memperoleh pendapat baru, membuka diri terhadap kritik dan saran guna kepentingan bisnis, serta menjalin hubungan lebih erat dengan para pelanggan.

Ingat, pelanggan yang merasa nyaman pasti akan merekomendasikan jasa yang kamu miliki pada orang lain.

2. Bikin Konten Yang Segar, Lucu, dan Menghibur

Siapa bilang bikin konten harus yang kaku, serius, dan membosankan? Justru audiens mungkin akan merasa kurang berminat. Namun, kalau kamu mencoba membuat konten dengan materi positif, segar, serta menghibur, pastinya audiens nggak bakalan merasa jenuh.

Baca Juga  Video Instagram 101: Penjual Online Wajib Baca!

Nah, biasanya konten seperti ini dalam bentuk motion graphic atau membuat karikatur.

3. Coba Bikin Konsep Out of The Box

Cara lainnya yang berhubungan dengan konten digital yang kreatif adalah menawawarkan sesuatu yang baru.

Kamu pernah dong lihat video bagaimana maskapai penerbangan melakukan prosedur keselamatan penerbangan yang lucu kan? Nah, justru kayak gini pasti lebih banyak penumpang yang menyimak.

Cobalah untuk membuat konten dalam bentuk animasi atau quotes menarik, dengan memikirkan hal-hal yang belum pernah ada sebelumnya. Sehingga, perusahaan kamu mampu menyuguhkan sesuatu yang nggak pasaran.

4. Perbarui Kreasi

Bagian menyebalkan dari berkreasi adalah, ketika kamu mampu menciptakan sebuah tren, nggak lama pasti banyak yang meniru. Tapi, jika dilihat dari sisi positifnya, kamu bisa terus melakukan inovasi.

Cara ini juga penting untuk memastikan supaya bisnis yang kamu jalani terus berjalan, bertahan, dan beredar laris. Misalnya nih, kalau berbicara tentang mesin pencari, atau mencari informasi di internet.

Walaupun banyak browser yang tersedia, dan walaupun seseorang menggunakan browser selain google, mereka akan menyebut “sedang googling.”

5. Konten Kolaborasi, Jauh Lebih Seru!

Nah, konten digital lainnya yang lebih kreatif bisa dengan membuat kolaborasi. Sehingga, konten kamu bisa bertahan dalam menghadapi persaingan di dunia digital marketing. Kolaborasi adalah kerjasama, dimana kamu bisa menggandeng pesaing.

Sehingga, kedua pihak dapat meraup keuntungan. Contohnya adalah ketika messenger mau berkolaborasi dengan facebook dan instagram. Fitur facebook jadi makin lengkap dan masing-masing pihak punya khas yang tetap dipertahankan.

konten digital

Kesimpulan

Banyak pelaku bisnis menggunakan konten digital, namun kurang terencana. Padahal, strategi atau rencana begitu penting dan mempengaruhi proses perkembangan bisnis yang kamu jalankan.

Baca Juga  5 Caption Instagram Powerful Lejitkan Bisnismu!

Bahkan, sebuah rencana buruk pun dapat berhasil karena sudah terencana baik. Sedangkan tujuan baik pun dapat gagal karena tidak ada rencana.

Gimana kalau bisnis yang kamu jalankan nggak menunjukkan perkembangan?

Maka, cara terakhir adalah dengan membuat evaluasi, lantas membenahi strategi. Jika dalam strategi untuk konten tersebut sangat bagus, tentu bisa mengembangkan bisnis.

Kamu harus bisa mempersiapkan berbagai target yang menantang. Jangan lupa juga untuk memperhatikan bahwa ada banyak faktor yang membuat konten nggak punya traffic tinggi.

Misalnya, target kata kunci, ukuran gambar tidak sesuai, salah tulis dalam meta deskripsi, serta penjelasan konten kurang detail.