7 Konten Digital Marketing Ciamik Untuk Bisnismu

Konten digital marketing sudah ada sejak bertahun-tahun lalu sebagai komponen penting, mengingat era digital sudah dijadikan ladang bisnis. Nah, bagi siapapun yang ingin merambah pemasaran digital, membuat konten adalah modal awalnya.

Ada banyak bentuk konten, mulai dari gambar, caption, video, suara, entah itu satu atau kombinasi. Kalau kamu baca tulisan ini, kamu bakalan lihat dua konten, yaitu tulisan dan gambar.

Ide Konten Instagram Menarik

Jenis Konten Digital Marketing Populer

Nah, biar lebih tahu banyak hal tentang konten, ini loh jenis-jenis dan manfaatnya!

Konten Informatif

Bisa berupa gambar atau tulisan, fungsi konten ini adalah untuk menyuguhkan informasi. Contohnya nih, apa sih bisnis kamu, bagaimana cara pesan, lokasi toko, visi misi perusahaan, dan lainnya dalam profil usaha, itu namanya konten informatif.

Jenis konten ini justru paling dasar, dan nggak butuh riset. Karena semua itu seperti cerita tentang perusahaan kamu.

Konten Edukatif

Dalam membuat digital marketing content, kamu juga bisa kok bikin konten edukatif. Banyak pengunjung atau target market yang nggak cuman berkunjung. Selain mencari informasi, mereka juga butuh belajar hal baru.

Sama seperti ketika kamu baca artikel ini. Konten edukatif ini menjelaskan tentang apa saja jenis konten.

Umumnya, konten edukatif membicarakan tentang tips, bagaimana, tutorial, pengertian, dan lainnya yang berhubungan dengan topik yang kamu butuhkan. Dalam bisnis, konten edukatif bisa bercerita tentang hal-hal relevan dengan perusahaan, asal mendidik.

Konten Menarik Langsung Viral

Konten Informatif dan Edukatif, Apakah Penting?

Tentu saja! Memang, nggak semua orang bisa memanfaatkan dua jenis konten tersebut untuk hal yang menjual atau untuk menawarkan produk. Tapi, bagian pentingnya adalah untuk membangun kepercayaan para pelanggan melalui medsos.

Dengan adanya konten ini, maka pengunjung bisa percaya dengan branding perusahaan, image, reputasi, dan lainnya.

Baca Juga  5 Rahasia Bikin Konten Menarik Langsung Viral

Content Marketing

Pengen jualan online? Kamu bisa menggunakan content marketing sebagai senjata andalan. Konten ini nggak menceritakan tentang produk dan penawaran langsung. Tapi, karakter konten marketing adalah untuk mengarahkan serta membuat konsumen yakin mereka wajib beli produk kamu.

Wow, kok bisa?

Iya, konten marketing punya struktur yang wajib kamu tahu, seperti ini:

Pada bagian paragraf awal, 50% harus menjelaskan tentang apa masalah konsumen. Untuk produk yang tidak menawarkan solusi, nggak masalah! Kamu bisa memberikan sisi lain, seperti apa menariknya produk tersebut.

Pada paragraf kedua, gunakan 40% untuk mengarahkan audiens supaya tertarik dengan produk yang kamu tawarkan. Ceritakan apa kelebihan, pengalaman, testimony, dan lainnya.

Terakhir, gunakan 10% bagian paragraf terakhir sebagai CTA. Call to Action membantu supaya para audiens juga mengambil sikap. Contohnya, langsung menghubungi, melakukan order, dan lainnya.

Konten Digital Marketing – Content Interaksi

Apa itu? Biasanya konten seperti ini sering digunakan untuk sosmed, terutama Instagram dan Facebook. Sosmed adalah jejaring sosial yang berfungsi untuk membangun interaksi. Jadi, semakin bagus reputasi akun yang kamu punya, maka semakin tinggi juga value-nya.

Nggak sedikit juga akun bisnis jualan sulit membangun content interaksi. Seringnya, akun tersebut untuk konten jualan. Banyak followers akhirnya males bagaimana berinteraksi.

Padahal, bukan berarti akun jualan nggak bisa melakukan banyak interaksi. Kamu bisa kok bikin pengumuman, acara giveaway, bagi pulsa gratis dengan main tebak-tebakan, atau lainnya untuk meningkatkan interaksi.

Content Story

Apa itu content story? Konten ini punya kekuatan pada bagian cerita. Semakin kamu bisa bikin cerita yang nyata, maka pembaca bisa tertarik dengan produk tersebut.

Misalnya, kamu bisa cerita tentang bagaimana packing produk, tampilan, desain, dan lainnya. Seringnya, review tersebut berupa tulisan. Bahkan, nggak sedikit juga youtuber yang mengambil niche review untuk bikin konten video unboxing.

Baca Juga  Konten Instagram Paling Menarik Untuk Memulai Bisnis

Bingung Bikin Konten Digital Marketing?

Punya usaha dan pengen kamu jual secara online, tapi nggak punya ide bagaimana membuat tulisan menarik?

Jangan kuatir! Konten digital marketing memang nggak bisa dikerjakan oleh para pelaku bisnis. Mengapa? Justru fokus jualan kamu jadi pecah. Ada baiknya langsung menyerahkan konten ke Tukang Kata Kata, yang bisa membangun konten menarik, informatif, dengan teknik copywriting dan SEO untuk memudahkan para pengunjung datang ke toko online kamu!