Bikin Konten Copywriting Ampuh, Seperti Apa?

Konten copywriting bagi para pelaku bisnis adalah wajib karena merupakan bagian dari strategi pemasaran digital.

Para pelaku bisnis yang ingin tetap bertahan di era digital ini, maka mau nggak mau bikin konten wajib pakai copywriting. Tujuannya adalah supaya para pelanggan dapat mencoba akses lebih mudah.

Mengapa Konten Copywriting Penting?

Bagi para pelaku bisnis pemula, nggak semuanya bisa memanfaatkan peluang digital marketing. Ada banyak penyebab, seperti sumber daya manusia terbatas, juga strategi yang kurang matang.

Banyak pelaku usaha justru berharap penjualan dari sosmed bisa terjadi begitu hanya unggah foto produk dan buat tulisan menjual. Atau juga seperti mencantumkan harga. Begitu saja setiap hari, tentu kurang efektif.

Konten copywriting merupakan cara pemasaran, dengan membuat, juga membagikan konten yang menarik perhatian target audiens. Lalu, kamu bisa menggunakan konten tersebut untuk mendorong supaya mereka melakukan tindakan.

Jadi, tujuan konten promosi pakai konten copywriting adalah supaya menarik pemirsa agar kenal bisnis juga produk yang kamu tawarkan. Kemudian, tujuan berikutnya adalah mengajak audiens agar jadi konsumen.

Agar konten yang kamu buat efektif, maka ada beberapa hal yang wajib kamu lakukan, seperti berikut:

1. Kenali Target Audiens

Konten jadi lebih efektif untuk promosi kalau kamu sudah mengidentifikasi siapa sih kira-kira yang beli produk atau jasa kamu. dnegan mengetahui siapa saja, kamu dapat mengenali mereka secara baik. Termasuk untuk kebutuhan dari produk yang kamu tawarkan. Cari tahu juga apa media komunikasi yang mereka pakai.

Jangan lupa untuk cari tahu hal lain seperti apa sih jenis konten yang mereka suka, dan lainnya.

Dengan kenal target audiens, kamu bisa menentukan jenis konten lebih mudah. Kamu bisa kampanye jualan lebih gampang, dan  menentukan konten promosi lebih lancar.

konten copywriting

2. Bikin Konten Harus Jelas Jenis dan Tujuannya

Ketika bikin konten, ada beberapa pola yang wajib kamu tahu. Pola pertama yaitu konten yang edukatif. Jenis dan tujuannya jelas; kontennya bermanfaat.

Konten edukasi bisa berupa tutorial produk atau tips perawatan produk. Juga, kamu bisa membuat konten menghibur, contohnya cerita inspiratif karena sudah menggunakan produk yang kamu jual.

Tujuan pakai konten copywriting ini adalah supaya kamu bisa bangun branding perusahaan. Branding membuat para audiens jadi lebih peka dengan produk yang kamu tawarkan.

Misalnya, kamu ingin buka usaha batik, pakai instagram. Instagram berfungsi sebagai pemasaran. Pada akun tersebut, kamu nggak harus terus-terusan tawarin jualan. Tapi, kamu juga bisa kok memberi informasi dulu tentang bagaimana merawat kain batik biar nggak gampang pudar.

Atau, kamu juga bisa memberi tahu tentang desain, proses pewarnaan dan lainnya. Dengan cara ini, para audiens jadi lebih menghargai batik, juga meningkatkan daya beli.

konten viral

3. Konten Promosi AIDA

Tidak hanya manfaat, konten juga harus berbicara tentang AIDA, yaitu:

  • Attraction
  • Interest
  • Desire
  • Action

Seluruh konten tersebut harus kamu ramu sedemikian rupa. Artinya, produk harus punya daya tarik, dengan menggunakan konten foto, gambar, atau lainnya.

Kemudian, pastikan konten tersebut punya unsur yang menarik dalam produk. Buat interest lebih tinggi dengan bikin konten copywriting atau sebuah narasi. Nggak boleh sembarangan, kamu harus pakai tagline, logline, quote, misi dan lainnya.

Sedangkan desire berarti anda harus mampu membuat rayuan melalui copywriting. Itulah kenapa hal ini selalu wajib ada dalam konten promosi. Jika sebelumnya, audiens hanya ingin, sekarang kamu harus bikin konten yang bikin audiens merasa butuh dan harus pakai produk atau jasa tersebut.

Konten copywriting yang bagus buat promosi juga wajib membuat audiens merasa harus ambil tindakan, dengan beli.

Elemen action bisa berupa seperti:

  • Alamat venue/ alamat kantor
  • Tagar
  • Link pesan/daftar
  • Harga
  • Tanggal
  • Nomor telepon

Nah, kamu bisa kok mulai cari jasa copywriting profesional. Biasanya, jasa seperti ini pasti punya tim handal dengan skill copywriting mumpuni. Jadi, memang konten seperti ini nggak boleh dikerjakan oleh sembarang orang.

Tukang Kata Kata memiliki pengalaman menulis copywriting yang bagus untuk perusahaan. Entah kamu ingin menawarkan produk atau jasa yang sudah umum, dengan konten dari Tukang Kata Kata, kamu bisa mulai branding perusahaan dari sekarang kok!

 

Open chat
Halo
Ada yang bisa kami bantu?