Antara Pakai Jasa Personal Branding Atau Garap Sendiri?

Membangun personal branding tentu bukan hal mudah untuk dilakukan. Sebab, hal ini merupakan kegiatan sangat mistis. Salah satu cara paling mudah untuk memulai adalah ketika kamu tidak tahu darimana harus memulai. Cara paling mudah dengan menggunakan jasa personal branding.

Namun tidak ada salahnya kamu tahu, cara membangun personal brandingmu sendiri. Yukk simak caranya dibawah.

Oprah Winfrey, contohnya, bahkan memulai dengan berbagai style terlebih dahulu dalam beberapa pertunjukan lokal. Nah, kini ia menjadi salah satu tokoh berpengaruh dan memiliki personal branding yang sangat kuat.

Sama seperti ketika kamu ingin melamar pekerjaan atau memulai bisnis, kamu harus bisa stand out, atau tampil beda. Berikut adalah tips membangun personal branding yang tepat.

digital branding ukm

1. Fokus

Banyak orang yang nggak fokus ketika mereka ingin menjadi “Segalanya bagi semua orang.” Copper Harris, pendiri Klickly menyebutkan bahwa kamu harus mampu memiliki tujuan dan tetap pada jalur tersebut.

Dengan hal ini, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk menciptakan konten dalam personal branding. Tentunya kamu akan lebih mudah bila menggunakan jasa personal branding.

Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa kamu harus tetap konsiten dengan satu topik yang membuatnya mudah diingat dalam komunitas target audiens. Semakin sempit dan semakin fokus brand tersbeut, maka akan lebih mudah bagi orang lain mengenal kamu.

2. Personal Branding Harus Genuine

Cara paling mudah untuk memiliki personal brand yang original adalah – Dengan menjadi dirimu sendiri. Monica Lin, seorang influener millennial dan kepala marketing dalam Popular Demand ikut bersuara. Ia mengatakan bahwa semakin membuat brand copycat, justru audiens akan memberikan label tersebut pada produk kamu.

Baca Juga  5 Tipe Sosial Media Dan Manfaatnya Untuk Bisnismu

Dengan lebih bersikap menjadi diri sendiri, maka akan lebih mudah bagi kamu mengendalikan personal brand dalam kehidupan sehari-hari. Personal brand yang kamu miliki dapat menjadi filter sehari-hari yang mudah, ketika kamu membuat konten dan menjangkau audiens.

Bahkan, Justin Wu selaku pendiri CoinState menyebutkan agar kamu bisa menjadi ahli dalam bisnismu sendiri, serta memiliki skill yang mumpuni sebelum membangun personal branding.

Jika kamu punya skill yang sangat dalam dalam satu area, tentunya reputasi yang kamu miliki akan membangun brand yang ingin kamu tanamkan. Namun, jika kamu kesulitan, kamu bisa pakai jasa personal branding.

3. Ceritakan Sesuatu

Mungkin personal brand yang kamu miliki bukan tentang menceritakan sesuatu. Jika itu terjadi, maka kamu sudah kehilangan setengah dari audiens yang potensial.

Penulis The Creative Curve, Allen Gannett menyebutkan bahwa salah satu strategi personal branding yang paling efektif hari inni adalah untuk membangun seorang pembicara sejati – Sedangkan karakter monolog tentu terkesan membosankan untuk personal brand.

Nggak ada yang mau dengerin bagaimana brand yang kamu punya di sosial media. Itulah kenapa, kamu harus membuat cerita yang berhubungan dengan brand kamu, dan melibatkan audiens. Nah, buat kamu yang kebingungan, kamu bisa memakai jasa personal branding.

Salah satu cara terbaik untuk bercerita adalah melalui konten video atau tulisan. Pelpina Trip, seorang ahli sosial video menyebutkan bahwa cara terbaik untuk berkomunikasi secara online adalah dengan video. Gunakan smartphone kamu untuk membuat konten video dan sampaikan pesan pada klien.

jasa personal branding

4. Konsisten

Konsisten sangat mirip dengan memiliki fokus yang sempit. Dengan kemampuan membuat konten secara konsisten yang menyuarakan brand kamu, misalnya. Cara ini akan lebih mudah untuk dikenal banyak orang.

Baca Juga  3 Strategi Pemasaran Online Ciamik Buat Bisnismu

Itulah mengapa, pastikan personal branding yang kamu bangun tetap konsisten, nggak peduli itu online atau offline.

Konsistensi dapat dilihat dari cara kamu berkomunikasi, penampilan, dan hal-hal detil yang kecil sekalipun.  Dan inilah yang dilakukan oleh jasa personal branding.

5. Siap Untuk Gagal

Kegagalan itu sangat menyakitkan, dan semua orang pasti menghindarinya. Nah, itulah nanulir manusia. Namun, untuk bisa membangun personal branding yang menonjol dibandingkan yang lain, maka kamu harus punya beberapa kegagalan.

Ingat dengan cerita Walt Disney yang sering sekali gagal sebelum memiliki brand animasi yang kuat? Mumpung masih muda, jangan takut gagal. Karena, kamu jadi lebih waspada dengan apa saja yang terjadi dalam hidup kamu.

Nah, sekarang kamu sudah tahu banyak hal tentang personal branding. Semua itu nggak lepas dari bagaimana cara kamu membangun identitas, atau image. Jika setelah mengetahui ini, kamu masih merasa kesulitan, kamu bisa memakai jasa personal branding.

Untuk membangun image baik, tentu kamu harus mampu menunjukkan pengetahuan dan kemampuan yang relevan. Sesuai dengan bidang atau topik tertentu. Bahkan, banyak orang bisa menggunakan internet untuk mencari tahu identitas orang lain, termasuk kamu.

Pengen bangun personal branding secara efektif melalui konten? Kamu bisa meminta bantuan tim jasa personal branding Tukang Kata Kata untuk hal ini.