Jasa Branding Yang Kredibel Membuat Bisnis Melejit

Jasa branding adalah salah satu strategi penting yang harus Anda terapkan dalam bisnis apapun. Apalagi, saat ini era globalisasi dan ekonomi global menjadi alasan mengapa Anda harus tetap kompetitif dalam berbisnis.

Persaingan dunia usaha begitu ketat. Tidak sedikit juga perusahaan yang harus gulung tikar. Untuk itu, branding adalah hal penting untuk menciptakan identitas, ikon, atau lainnya.

jasa branding

Apa Itu Jasa Branding?

Jasa ini menyediakan layanan branding. Branding menurut Kotler (2009) adalah istilah, nama, rancangan, symbol, tanda, atau kombinasi guna identifikasi jasa atau barang atau kelompok penjual. Sehingga, membuatnya berbeda dari milik pesaing.

Branding pun menjadi lebih populer dan menjadi kegiatan untuk komunikasi bagi berbagai perusahaan untuk membangun brand. Branding lebih dari sekedar merk, tapi juga berkaitan dengan image perusahaan. Citra perusahaan inilah yang nantinya membuat bisnis bisa berjalan atau tidak.

Jasa branding dapat melakukan banyak hal untuk membuat bisnis Anda lebih dikenal. Misalnya, dengan melakukan berbagai hal berikut:

  • Membuat nama merk
  • Membuatkan logo, monogram, bendera, tipe logo, atau lainnya
  • Menciptakan tampilan visual, seperti desain kemasan, desain produk, desain seragam
  • Kata-kata seperti tagline, jingle, slogan, dan lainnya

branding

Jenis Jenis Branding

Ada beberapa jenis branding yang dapat Anda coba untuk membuat bisnis melejit. Pertama, product branding merupakan kategori paling umum. Produk atau merk yang mampu melakukan product branding pasti dapat mendorong konsumen agar dapat memilih produk Anda, bukan produk lain.

Personal branding adalah alat pemasaran yang sering digunakan oleh public figure. Misalnya, politisi, artis, dan musisi. Dengan menggunakan jasa personal branding, maka masyarakat dapat memiliki pandangan lebih baik pada produk yang Anda tawarkan.

Baca Juga  7 Alasan Wajib Pakai Jasa Branding Produk

Corporate branding membantu agar jasa atau produk milik perusahaan Anda, termasuk bagaimana kontribusi para karyawan dapat dirasakan oleh masyarakat. Tujuannya adalah agar reputasi perusahaan yang Anda kembangkan memiliki nilai di mata masyarakat.

Selanjutnya, terdapat pula destination branding yang berfungsi untuk mengenalkan jasa atau produk saat suatu lokasi sudah disebutkan oleh seseorang. Misalnya, kota Jogjakarta sudah sangat  terkenal dengan produk seperti gudeg atau bakpia telo.

Cultural Branding adalah jenis terakhir yang dapat membantu untuk membuat reputasi sebuah lingkungan, orang-orang, mendapatkan pandangan dari masyarakat. Misalnya, masyarakat Korea terkenal dengan kecintaannya terhadap negaranya.

corporate branding

Mengapa Branding Identity Sangat Penting Untuk Perusahaan

Ada beberapa manfaat dan tujuan mengapa banyak perusahaan telah menggunakan jasa branding sebagaimana berikut:

  1. Jika bisnis Anda memiliki brand kuat, maka akan membuat bisnis Anda jelas berbeda dengan kompetitor.
  2. Menjadi cara promosi atau meningkatkan daya tarik. Produk atau jasa dengan brand kuat, maka membuat promosi jadi lebih mudah berjalan. Pelanggan juga akan cenderung memiliki brand kuat serta menjadi loyal dengan brand tersebut.
  3. Membangun keyakinan, jaminan, citra, dan prestise. Beberapa hal tersebut tentu membuat banyak orang akan mengenal bisnis Anda.
  4. Branding juga penting untuk mengendalikan pasar. Pada produk atau jasa dengan brand kuat dapat membuat masyarakat terus mengenal dan menggunakan jasa atau produk tersebut.

Bagaimana Jika Bisnis Tidak Memiliki Branding Identity?

Branding bertujuan untuk membangun dan membentuk persepsi masyarakat, serta membangun rasa percaya pada brand. Sehingga, manfaatnya tentu sangat besar bagi perusahaan atau bisnis yang Anda jalani.  Hasilnya, Anda memiliki pelanggan yang loyal yang sudah percaya dengan jasa atau produk yang Anda tawarkan.

brand activation

Sebaliknya, apa jadinya jika bisnis berjalan tanpa branding? Mungkin, masih bisa berjalan namun sangat lambat. Hal ini dikarenakan beberapa alasan seperti berikut:

  • Daya tarik produk atau jasa kurang optimal di mata konsumen
  • Perusahaan akan kesulitan memperoleh loyalitas pelanggan terhadap jasa atau produk yang Anda buat.
  • Peluang untuk menetapkan harga jual tinggi jadi kurang optimal.
  • Peluang membuat produk atau jasa tampak lebih unggul kurang maksimal
  • Nyaris tidak ada pembeda atau keunikan yang membuat produk atau jasa Anda lebih unik dibandingkan milik kompetitor.
Baca Juga  Visual Branding dan Kegunaannya Untuk Membangun Bisnis

Sekarang, Anda sudah tahu apa saja tentang branding. Anda juga dapat melakukan hal tersebut pada produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dengan demikian, kinerja bisnis punya potensi lebih besar untuk terus berkembang.

brand identity

Bahkan, beberapa perusahaan menggunakan jasa branding selama bertahun-tahun. Branding memang membutuhkan dana yang cukup fantastis. Hal ini karena kebutuhan riset supaya pemasaran perusahaan tepat sasaran sesuai branding.

Dengan mengetahui identitas bisnis atau perusahaan, maka terdapat pembeda yang membuat jasa atau produk Anda dengan pesaing. Buat konsumen Anda lebih ingat dengan jasa atau produk yang Anda tawarkan dengan adanya jasa branding.

Jasa seperti ini juga menjadi pilihan tepat bagi pebisnis awal karena anda dapat menggunakan layanan konsultasi. Jasa tersebut juga penting karena membuat Anda dapat fokus dengan pekerjaan Anda. Karena, Anda membutuhkan orang berpengalaman dan sudah ahli di bidangnya agar anda tetap fokus mengembangkan bisnis.