Copywriting Untuk Marketing Yang Ampuh

Banyak orang yang masih salah menggunakan istilah copywriting untuk marketing. Jadi pada kesempatan ini, tidak ada salahnya untuk membahas istilah tersebut yang bahkan bisa merubah usaha kamu.

Memang, copywriting saat ini menjadi senjata karena mampu menyampaikan pesan kepada para pelanggan dan calon pengguna produk atau jasa yang kamu tawarkan. Copywriting sangat penting untuk mempromosikan brand dan value pada marketplace.

Itulah kenapa, marketer wajib tahu seperti apa menggunakan copywriting apalagi dengan adanya bantuan teknologi juga alat yang tersedia termasuk untuk menyebarkan brand dan menjual produk ataupun jasa.

Sebelum bicara banyak hal tentang tipe copywriting, sangat penting mengetahui seperti apa pilihan yang harus kamu pilih sebagai seorang marketer untuk menyampaikan pesan bisnis kamu.

Copywriting Yang Paling Efekfit Untuk Marketing

Sebelum memutuskan apa saja jenis marketing dan branding yang ingin di gunakan, marketers masih mempunyai beberapa tugas penting berikut adalah beberapa hal yang wajib kamu pikirkan terlebih dahulu:

  • Who is your audience? Yup, sangat penting untuk memutuskan dari awal buyer persona bisnis kamu. Tetapi kalau kamu sudah menemukan buyer persona, Apakah kamu sudah menggunakan data yang sangat valid untuk menjawab permasalahan, kebutuhan, dan permintaan target pembeli? Apakah kamu benar-benar paham karakteristik mereka? Misalnya dari bahasa, sense of humor, atau media yang paling sering mereka lihat.
  • Where does your audience? Nah ini juga nggak kalah pentingnya karena tidak semua calon pembeli kamu mencari informasi secara online. Ingat, kamu juga wajib menghadirkan bisnis menggunakan tipe marketing lainnya karena beberapa target pembeli juga masih membaca dan mencari informasi apapun secara offline.
  • How much does your audience know? Pertanyakan pula terhadap bisnis kamu sejauh apa target pengguna jasa atau produk dalam bisnis Kamu paham terkait semua produk dan jasa yang kamu tawarkan.
  • The value of your product or service? Kamu juga wajib mempertanyakan sejauh mana pandangan target audience terhadap nilai produk ataupun jasa yang kamu tawarkan.
  • What action do they take? Bagian ini tentang keinginan kamu bagaimana keinginan kamu terhadap target audiens baik saat mereka belum tahu atau sudah paham betul dengan produk dan jasa yang ditawarkan. Karena, copywriting bisa kamu gunakan tersedia banyak tipe untuk menyampaikan informasi sekaligus mendorong berbagai action target audiens.

Sebagai seorang marketer, kamu wajib memikirkan seluruh pertanyaan dan jawaban di atas secara objektif ifti dan apabila berhasil, maka sekarang kamu sudah punya bahan untuk merencanakan konten marketing. Langkah selanjutnya berhubungan dengan copywriting untuk marketing yaitu menentukan tipe konten yang ingin kamu buat.

content branding

Tipe Content Writing Untuk Marketing

Oke, sekarang kamu bisa memulai dari hal yang paling mendasar. Konten bisa berupa teks, ataupun visual atau bahkan kombinasi keduanya. Kebanyakan marketer saat ini sudah paham pentingnya menyampaikan pesan dengan lebih banyak visual dan lebih sedikit teks.

Bahkan menurut penelitian menunjukkan bahwa konsumen memproses konten visual 60.000 kali lebih cepat dibandingkan teks. Dari hasil penelitian inilah, waktunya kamu memilih tipe pesan dalam copywriting yang ingin kamu sampaikan:

1. Direct Mail

Marketers seringkali fokus terhadap marketing dan branding secara digital, masih terdapat celah yang dapat kamu manfaatkan melalui email kalau kamu bisa mengeksekusinya secara cerdas.

Untungnya terdapat informasi demografik seperti umur, penghasilan, level pendidikan, kebiasaan membeli, dan lainnya yang yang membuat marketing melalui targeted direct email bisa menghasilkan. Tetapi kamu juga harus memastikan menyampaikan pesan secara jelas.

Biasanya, direct mailings merupakan senjata ampuh untuk penawaran spesial atau diskon, menggunakan deskripsi jasa atau produk secara kreatif dan menarik.

Sebagai marketers kamu juga wajib memikirkan email yang diterima target audiens. Apakah kamu akan menggunakan kesempatan penawaran khusus tersebut apabila kamu jadi target audiens yang menerima direct mail sebagaimana yang kamu buat?

5 Tips Konten Digital Kreatif, Dijamin Work!

2. Website dan Blog

Kamu juga bisa menyediakan banyak sekali konten dan informasi terhadap pengunjung melalui dua cara ini. Desain website menarik bisa mencuri perhatian, akan tetapi hal yang lebih penting adalah apa yang dapat pengunjung temukan dari setiap halaman karena bisa mempengaruhi tindakan pengunjung website kamu.

Itulah mengapa konten dalam website harus kreatif dengan banyak visual dan media lainnya. Sedangkan untuk teks sebaiknya dibuat sejelas mungkin menggunakan kalimat pendek yang mudah dipahami.

Salah satu contoh adalah Dollar Shave Club, begitu rilis website tersebut mempunyai konten viral selama 24 jam, dan hanya dalam hitungan hari perusahaan tersebut berada pada posisi teratas, sehingga menjadi salah satu bisnis yang menghasilkan jutaan dolar.

Marketing yang mereka gunakan sangat sempurna karena mampu menjawab calon pembeli dan menyediakan solusi terbaik melalui script konten yang konyol untuk target audiens mereka yaitu laki-laki milenial.

Tipe lainnya untuk menyampaikan konten adalah memberikan deskripsi produk dan jasa pada situs. Sekali lagi harus ditulis secara tepat, kreatif dan sangat pendek. Copywriting untuk marketing juga harus memperhatikan interactivity supaya para pengunjung website kamu merasa betah berlama-lama menjelajahi dan mencari lebih banyak tentang keberadaan bisnis kamu.

3. Copywriting Untuk Branding Melalui Medsos

Karena kamu akan menggunakan media sosial untuk kepentingan marketing, maka bisnis tersebut juga harus bersosial. Artinya kamu perlu banyak konten yang menghibur atau menginspirasi dan kemudian baru mempromosikan produk ataupun jasa setelah terjalin hubungan baik antara kamu dan calon pelanggan.

Secara bertahap kamu juga harus membangun rasa percaya pelanggan. Konten untuk medsos sangat bervariasi mulai dari storytelling, konten visual, atau konten yang mengarahkan pengguna medsos ke website kamu.

digital branding untuk bisnis

4. Email

Banyak banget marketers yang menggunakan email tetapi kadang masih belum memperoleh hasil seperti harapan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa email sampai saat ini bisa menjadi alat marketing ampuh Kalau kamu bisa menggunakannya secara tepat.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan setiap $1 yang kamu investasikan untuk email marketing bisa mengembalikan ROI rata-rata mencapai $42. Kalau belum jelas terkait konten seperti apa untuk email, berikut panduan yang dapat kamu gunakan:

  • Setiap email hanya boleh satu topik atau satu subjek. Jangan membingungkan atau mengganggu pembaca dengan meletakkan banyak item dalam email sehingga mereka jadi kebingungan dan tidak melakukan apapun.
  • Buatlah subject line menarik. Inbox dalam email selalu penuh dari berbagai perusahaan yang ingin meningkatkan bisnis mereka. kalau subjek line milik kamu tidak menarik, maka pembaca akan mengabaikan atau bahkan membuang dan mengkategorikan email kamu dalam spam.
  • Subject line apapun yang kamu gunakan, isi dalam badan email haruslah benar. Banyak pelaku bisnis menggunakan copyrighting untuk marketing melalui email justru percuma dan email harus masuk dalam kategori spam karena hanya janji semata yang tidak di dipenuhi dalam badan email.

Pada akhirnya, ada banyak cara menggunakan copywriting untuk marketing supaya bisnis kamu terus tumbuh. Kamu wajib mencari cara tepat agar mampu menghadirkan apa kebutuhan dan keinginan audience dengan cara menghibur, mendidik, atau menginspirasi.

tukat copywriting

Jika Kamu kesulitan menemukan tim yang tepat buat keperluan copywriting untuk marketing, Kamu bisa menggunakan Agency Copywriting Tukat. Ceritakan kebutuhanmu lewat WA 0882 3203 4880, kami siap membantu .

Open chat
Halo
Ada yang bisa kami bantu?