Copywriting Untuk Branding, Promosi Cukup Sekali

Copywriting untuk branding merupakan senjata ampuh untuk membantu brand bisnis kamu jadi lebih dikenal dan menarik pelanggan. Copywriting memerankan peran bahkan lebih banyak, tetapi tidak semua orang menyadarinya. Selain itu, Copywriting meng-cover tiga area branding.

1. Menyampaikan Pesan Penting

Semua brand kuat pasti dibangun dengan konsep berharga. Konsep-konsep tersebut bisa berbeda pada setiap brand, tetapi berjalan dengan fungsi yang sama. Seluruh konsepnya menentukan apa itu brand dan bagaimana pentingnya. Kamu bisa menggunakan copywriting untuk menyampaikan pesan penting bisnis, seperti tujuan, visi, misi, dan tujuan strategis.

Bagian paling pentingnya adalah penyampaian pesan dan bagaimana pelanggan bisa memahaminya adalah dari Copywriting yang sudah kamu buat. Menurut sebuah penelitian oleh Nielson, hampir 75% millennials dan Gen-Z adalah yang paling tidak keberatan membayar lebih untuk produk dari brand yang sesuai dengan identitas mereka.

Nilai, tujuan, dan target dapat dimengerti oleh tim dan pelanggan dan Copywriting menjadi kunci utamanya. Seperti apa pesan utama yang efektif dan inspirasional? Bergantung pada bagaimana hal tersebut dibuat.

Branding Dan Kegunaannya Untuk Pertumbuhan Bisnis

2. Menghasilkan Brand Voice

Brand voice adalah cara kamu menyampaikan bisnis kamu kepada audiens. Voice disini harus unik dan nyambung. Selain itu, juga harus relevan dengan bisnis ataupun layanan kamu. Selain itu, suara inilah yang nantinya akan sampai ke pelanggan sesuai apa yang kamu harapkan.

Nada, gaya, dan pilihan kreatif lainnya juga akan membawa pesan tersebut. Pilihan-pilihan tersebut datang melalui copywriting. Ketika copywriting untuk branding berhasil, maka akan membuat bisnis kamu semakin hidup, semakin banyak orang yang merasa “sepakat” dengan apa yang kamu tawarkan. Copywriting merupakan kunci untuk semua bentuk periklanan, termasuk media sosial, TV, web, dan radio.

Copywriting yang baik juga akan membantu supaya kamu bisa membangun brand lebih menarik perhatian pelanggan. Selain itu, juga bisa membantu membangun bisnis lebih tertata.

3. Copywriting dan Konten

Bukan rahasia lagi kalau konten memiliki peran besar terhadap revolusi digital branding. Audiens saat ini merupakan audiens modern, begitu juga dengan konsumen yang terus berkembang, sehingga marketing sifatnya harus berubah supaya bisa tetap bertahan.

Audiens modern seringkali melihat biasa saja ke arah brosur promosi atau lainnya. Sehingga, tidak ada respon sama sekali. Tentu saja, hal ini karena audiens modern lebih cenderung merasa suka terhadap apapun yang bernilai menurut mereka. Pertanyaannya, bagaimana cara membuat copywriting untuk branding bisa bernilai?

Maka jawabannya adalah konten.

Konten berisikan negosiasi antara bisnis dan pelanggannya. Konten tersebut membuat brand kamu lebih tampak. Jadi, kamu menawarkan konten menghibur, menyenangkan, atau menyelesaikan masalah sepele para pelanggan dengan upahnya adalah perhatian pelanggan dan peluang bisnis.

Copywriting sangat dibutuhkan karena membuat konten lebih efektif. Dengan copywriting, konten mempunyai taktik ampuh untuk memikat perhatian pelanggan. Entah brand kamu menggunakan hal-hal emosional atau intelektual, semuanya bergantung dari copywriting.

Dengan copywriting kuat, maka bisa membuat sebuah brand berada pada tahap selanjutnya. Misalnya, slogan baik bisa menjadi senjata ampuh untuk usaha marketing brand. Semua hal, mulai dari slogan sampai konten postingan perusahaan, atau iklan-iklan di TV, maka harus mempunyai konsistensi dan semenarik mungkin sampai “ngena” di hati para pelanggan.

Jika gagasan apapun yang tidak dikomunikasikan secara maksimal, sebagus apapun produk tersebut maka jatuhnya juga akan “membosankan”. Seringnya, banyak brand mempunyai konsep gagasan sangat baik, tetapi harus berjuang mati-matian untuk bisa berkomunikasi dengan pelanggan dengan penuh makna. Copywriting kuat artinya terdapat komunikasi padat yang bisa menyelesaikan masalah.

company branding

Brands Tidak Hanya Fokus Pada Copywriting Saja

Sangat jelas jika konten kuat merupakan hal wajib untuk keberhasilan branding. Akan tetapi, semua branders dan pemilik bisnis seringkali meremehkan hal tersebut. Sementara itu, elemen visual dalam website dan konten kamu juga mempunyai peran besar, sehingga semua kata-kata yang kamu buat tidak boleh diabaikan.

Jika konten kamu terlalu datar, sudah kuno, penuh kesalahan, maka bisa mengurangi jumah “engagement” antara website dan pengunjung terhadap brand yang sedang ingin kamu bangun. Juga, mungkin akan sulit bagi pengunjung mempercayakan bahwa bisnis atau produk kamu tergolong kredibel dan dibuat secara profesional. Sehingga, merasa enggan mengeluarkan uang karena bisnis online kamu masih meragukan.

Mungkin, karena copywriting melibatkan “human elemen” secara total, sehingga tidak ada software atau program yang bisa menggantikannya, banyak bisnis membutuhkan copywriting untuk branding.  Tidak sedikit orang merasa bisa melakukan hal tersebut. Itulah mengapa, harus mengivenstasikan waktu dan energi terhadap visual.

Tentu bukan sebuah rahasia lagi kalau konten visual efektif sangat penting. Saat ini, salah satu upaya branding adalah menambahkan video pada sosial media lebih banyak daripada sebelumnya. Dan kata-kata adalah jantungnya konten video yang bagus.

Kamu juga tidak ingin membuat pelanggan mempunyai pengalaman buruk atau biasa saja dengan brand yang kamu tawarkan. Pastinya kamu ingin pelanggan memberikan kesan baik setelah mengenal brand yang kamu usung. Sehingga, kamu ingin mereka tahu dan bahkan paham seccara sempurna.

Kamu juga ingin membuat brand yang kohesif dan menarik, atau membuat oranglain senang hingga tidak keberatan mengivestasikan penghasilan mereka dalam produk atau layanan kamu, maka bisnis yang kamu bangun membutuhkan “Human Face”.

Gunakan copywriting untuk branding dengan mendefinisikan nilai-nilai dasar bisnis secara jelas, namun menggunakan cara unik yang bisa menunjukkan identitas bisnis kamu, berjalan seiring dengan penawaran untuk menarik perhatian pelanggan.

Tidak hanya branding kamu membutuhkan pelanggan, tetapi juga perlu adanya engagement untuk membuat pelanggan kembali lagi. Disinilah peran copywriting untuk branding. Copywriting dibutuhkan agar mampu menciptakan pengalaman pelanggan.

tukat copywriting

Kesimpulan

Pada akhirnya, begitu pentingnya kualitas brand yang sedang kamu bangun atau sudah kamu miliki saat ini, tetapi ironisnya masih banyak yang meremehkan kekuatan copywriting untuk branding. Hal ini karena copywriting tidak memperlukan software atau program, tetapi banyak perusahaan berpikir mereka bisa mengatasinya sendiri.

Jika kamu sangat serius mengembangkan pengalaman brand superior, maka ada beberapa copywriting yang dapat ditangani oleh profesional. Dari pesan dasar sampai konten, copywriting yang kamu buat mempunyai bagian penting.

Jika kamu menggunakan copywriting untuk kebutuhan bisnis perusahaan, maka tugas copywriting itu adalah untuk membuat perusahaan kamu berbeda, membuat perusahaan tampak terpisah dari para kompetitornya, dengan cara unggul, otentik, dan memastikan hanya brand kamu yang mampu menawarkan produk atau jasa yang “ngena” banget.

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa saja pentingnya copywriting untuk branding. Copywriting adalah segalanya, termasuk ketika kamu ingin membuat tagline kece untuk kebutuhan bisnis. Membuat pelanggan sangat paham bahwa tagline tersebut adalah bagian dari perusahaan kamu. Setiap tagline yang ada harus melekat dalam benak pelanggan. Copywriting menawarkan alat ampuh sebagai cara branding perusahaan kamu.

Jika Kamu masih kesulitan membangun tim buat keperluan copywriting untuk branding bisnismu, Agency Copywriting Tukat siap membantu. Hubungi 0882 3203 4880 untuk informasi lebih detail.

Open chat
Halo
Ada yang bisa kami bantu?