9 Kegunaan Branding Untuk Bisnis

Branding, secara istilah merupakan sebuah kegiatan marketing. Perusahaan yang melakukan kegiatan tersebut berarti harus memulai membuat nama, simbol, atau desain yang dapat mencerminkan perusahaan yang kamu bangun.

Dengan cara ini, maka perusahaan punya peluang untuk mengidentifikasi produk dan membedakan produknya dari pesaingnya loh!

Kegiatan ini juga penting karena nggak cuman untuk menciptakan kesan yang mendalam buat para pengguna produk kamu. tapi, juga bisa kamu gunakan untuk membuat semua pelanggan tahu apa sih yang bisa mereka dapatkan dari perusahaan kamu.

Nah, branding merupakan hal yang kamu lakukan untuk membedakan kamu dengan pesaing. Sehingga, juga memperjelas apa sih yang kamu tawarkan sehingga bisnis kamu justru adalah pilihan terbaik dibandingkan kompetitor.

Brand yang kamu bangun menjadi cerminan nyata, tentang kamu dalam berbisnis.

digital branding

Kenapa Branding Itu Perlu Untuk Bisnis?

Branding menjadi hal penting dalam berbisnis. Hal ini karena pengaruhnya yang sangat besar untuk perusahaan. Bahkan, dengan kegiatan itu, kamu bisa kok mengubah anggapan banyak orang tentang merk yang kamu tawarkan. Sehingga, bisa mengarahkan bisnis kamu dan membuat orang lebih mengenal bisnis yang kamu sediakan.

Dengan Branding, Perusahaan Jadi Lebih Dikenal

Alasan paling penting tentang peran branding untuk perusahaan adalah karena menjadi langkah tepat untuk memperoleh perhatian publik. Ketika perusahaan kamu punya strategi branding tepat, justru banyak calon pelanggan yang lebih kenal produk kamu.

Logo juga menjadi bagian penting. Ibarat orang, logo adalah wajah perusahaan.

Nah, itulah kenapa sangat dianjurkan untuk membuat desain logo yang profesional. Jangan nanggung untuk buat logo. Pastikan juga kalau logo itu punya power, mudah diingat, dan bikin siapapun yang melihat langsung punya kesan.

corporate branding identity

Branding Meningkatkan Nilai Bisnis

Kegiatan ini juga sangat penting ketika kamu ingin mencoba bisnis di masa depan. Dengan brand yang dibangun sangat kuat, bisnis kamu jadi lebih meningkat, dalam hal nilai. Sehingga, reputasi perusahaan kamu juga akan meningkat.

Menghasilkan Pelanggan Baru

Brand yang baik tentu nggak bakalan kesulitan untuk memulai bisnis. Brand yang kuat berarti perusahaan tersebut udah punya kesan positif terhadap konsumen.

Perusahaan dengan brand yang sudah kuat, justru lebih gampang melakukan iklan atau promosi dengan “word of mouth.”

Karyawan Juga Merasa Bangga dan Puas

Nah, selain hubungan antara perusahaan dan pelanggan, ternyata kalau perusahaan punya brand yang baik, karyawan juga kena dampaknya.

Perusahaan dengan merk dagang yang kuat, justru punya karyawan yang setia. Mereka tulus berdiri di belakang perusahaan tersebut. Mereka juga lebih puas dengan pekerjaan yang mereka lakukan, bahkan sangat merasa bangga menjadi bagian dari perusahaan loh! Kayaknya seneng banget kalau punya karyawan yang punya rasa bangga tinggi kayak gitu.

Punya kantor yang branded justru bikin karyawan merasa punya rasa cinta, rasa kepunyaan yang tinggi terhadap perusahaan.digital branding untuk bisnis

Bagus Untuk Membangun Kepercayaan

Branding dengan tampilan profesional dan dengan strategi yang bagus juga penting untuk perusahaan. Soalnya, brand itu berguna banget untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan, calon pelanggan, dan mitra kerja.

Jadi, kalau kamu berhasil membangun perusahaan yang profesional, salah satu keuntungannya adalah nggak sedikit pengusaha yang tertarik bekerjasama dengan perusahaan kamu.

Dengan memiliki brand sesuai, juga bakalan membantu meyakinkan publik, bahwa perusahaan kamu begitu ahli dan berpengalaman. Sehingga, akan lebih cepat memperoleh rasa percaya dari publik. Nggak cuman itu, tapi juga seluruh jasa dan produk yang kamu tawarkan memberi rasa aman bagi pelanggan.

Branding Mendukung Pembuatan Iklan

Advertising atau membuat iklan adalah salah satu komponen dari Branding. Jadi, strategi bikin iklan ini juga mencerminkan brand yang kamu punya. Biasanya, perusahaan yang sudah terpercaya akan lebih mudah membuat iklan yang kohesif dan menarik, yang juga mempengaruhi tujuan perusahaan.

branding marketing dengan konten

Elemen Dalam Branding

Ada beberapa elemen dalam branding yang harus kamu buat untuk membangun bisnis yang dapat dipercaya oleh pelanggan:

  • Misi dan Nilai. Pernyatan misi dan juga nilai brand yang kamu punya adalah pondasi penting untuk kegiatan branding. Jadi, kamu harus memikirkan apa misi dari kegiatan itu. Buat aja deh statemen pendek yang menggambarkan tujuan dari perusahaan kamu. Sementara itu, perusahaan juga harus punya visi. Visi ibarat jantung, untuk memberikan semangat atau inspirasi apa yang kamu cari dan ingin kamu capai dalam jangka panjang.
  • Dengan visi dan misi yang sudah menjadi pilar organisasi atau perusahaan kamu, strategi brand dimulai dari kedua hal tersebut untuk membuat sebuah pedoman. Brand Guidelines atau Brand Bible adalah dokumen penting perusahaan loh. Perannya adalah untuk mencerminkan dan mendukung apa aja tujuan bisnis, membuat bisnis kamu lebih berbeda dengan para kompetitor, dan menjadi pedoman untuk mengambil keputusan.
  • Seperti yang sudah kamu baca tadi, logo adalah wajah perusahaan. Jadi, desain logo untuk bisnis yang kamu jalankan itu sangat penting untuk kegiatan branding. Selama proses desainnya, kamu harus memikirkan siapa kamu sebagai brand perusahaan. Serta, asumsi apa sih yang ingin kamu peroleh dari calon pelanggan. Dua hal itu bisa kamu pakai untuk strategi desain.
  • Desain web juga menjadi bagian penting untuk kegiatan branding. Website ini kayak asset digital yang harus kamu bangun. Di era ini, calon pelanggan sering mendatangi website dulu untuk melihat gimana tampilan perusahaan. Mirip seperti logo, desain web juga harus memperhatikan banyak hal, seperti elemen desain. Contohnya, font atau juga layout.
  • Aset Tambahan. Nggak ada peraturan yang sama untuk semua jenis perusahaan. Semua tergantung dari masing-masing bisnis dan industri. Mungkin, kamu juga butuh asset tambahan. Contohnya nih, kayak kartu nama perusahaan atau paket produk yang kamu tawarkan. Kamu juga bisa bikin event flyers. Pastinya, perusahaan kamu punya kebutuhan unik yang bisa dikembangkan.

digital branding ukm

Gimana Cara Branding Bisnis?

Punya produk atau jasa?

Sudah waktunya untuk melakukan branding, mengingat ada banyak hal yang dapat kamu peroleh dari kegiatan itu loh!

Branding juga merupakan verb, yaitu kata kerja. Walaupun terkesan sulit, karena kamu harus mengatur berbagai rencana, asset, dan lainnya untuk membuat brand yang nggak terlupakan, kamu juga harus membuat kegiatan ini lebih kuat.

Jadi, semua itu nggak cuman terkesan cuman menceritakan gimana kelebihan bisnis kamu. Tapi, kamu menunjukkan keunggulan perusahaan dari branding.

Pada akhirnya, marketing merupakan proses yang akan berujung pada lead dan penjualan. Tapi, tanpa visual branding maka perusahaan atau bisnis apapun yang kamu bangun nggak punya pondasi kuat. Padahal, pondasi ini penting untuk reputasi dan loyalitas pelanggan.

Pertanyaan terakhir, gimana caranya agar kamu bisa branding perusahaan secara tepat?

Mungkin kamu pernah coba dan justru gagal atau bingung dengan prosesnya. Nah, selalu inget bahwa kamu punya banyak cara dan dukungan. Setelah membuat visi dalam berbisnis, maka kamu bisa menghubungi designer profesional untuk pemasaran digital. Misalnya, dengan menghubungi Tukang Kata Kata.

Tim kami akan membantu membuat semua implementasi untuk kepentingan branding bisnis jadi lebih mudah!

Open chat
Halo
Ada yang bisa kami bantu?