Branding Produk Melalui Konten, Coba 5 Cara Ini

Branding produk adalah cara efektif dalam meningkatkan penjualan, dan salah satu strategi yang tepat adalah menggunakan konten marketing. Dengan menggunakan bantuan content creator, salah satu tujuan membuat konten adalah supaya pembaca akan lebih mudah mengambil keputusan untuk beli produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Dengan tulisan, kamu bisa menambahkan link dalam konten supaya para pembeli bisa langsung klik link tersebut yang mengarah pada produk dalam bisnis kamu. Atau, kamu bisa membangun website terstruktur, dengan konten informative untuk menarik pembeli.

Nah, untuk menggunakan konten sebagai cara branding produk, berikut panduan yang dapat kamu simak.

Hilangkan Kendala Yang Menghambat Pembelian

Salah satu tujuan konten adalah untuk membuat proses pembelian jadi lebih mudah dan lancar semaksimal mungkin. Hal tersebut dapat kamu capai dengan berbagai cara, seperti membuat konten persuasi dengan target pembaca sebagai pembeli, namun dengan konten natural.

Untuk membuat konten, tindakan utama yang harus kamu lakukan adalah buatlah list, apa saja alasan mengapa orang-orang mungkin tidak membeli produk yang kamu tawarkan. Jika harganya cukup mahal untuk produk tersebut, kamu dapat mengutarakan alasan apa yang pembeli dapatkan setelah mengeluarkan biaya besar.

Membangun Hubungan Dengan Pembeli

Cara berikutnya dalam hal branding produk adalah memanfaatkan email. Namun, banyak pebisnis justru bingung tentang apa yang harus saya kirimkan, atau bagaimana cara agar seluruh pelanggan tidak keberatan untuk sign up.

Karena memang sangat sulit menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, banyak pemilik bisnis juga kurang memperhatikan daftar email. Padahal, sama seperti bisnis jasa, daftar email bisa kamu manfaatkan sebagai tiket untuk tetap terhubung dengan pelanggan.

Ketika pengunjung melihat website kamu, lalu mereka sama sekali nggak melakukan sign up untuk melihat daftar produk yang kamu tawarkan, atau beli sesuatu selama mengunjungi website kamu, kemungkinan besar adalah mereka nggak bakalan mampir ke website kamu lagi.

Baca Juga  Kenapa Butuh Jasa Pembuatan Landing Page?

Namun, dengan menggunakan email marketing, justru kamu bisa menjalin hubungan dengan pengunjung web.

5 Strategi Ampuh Konten Marketing Untuk Semua Jenis Bisnis

3. Membangun Brand Awareness

Tujuan terakhir untuk membuat branding produk melalui konten adalah membangun brand awareness. Jadi, ketika pelanggan ideal kamu masuk dalam pasar kamu, maka hal peertama untuk kamu lakukan adalah menggunakan media sosial atau media tradisional. Sehingga, kamu bisa memastikan bahwa seluruh pelanggan tersebut membaca konten yang kamu tulis.

Tujuan kamu adalah untuk meningkatkan pengunjung untuk menjadi seseorang yang mengikuti perkembangan bisnis kamu.

4. Branding Produk Dengan Content Mapping

Salah satu bagian terbaik untuk strategi branding produk melalui konten adalah dengan tidak bersikap reaktif, sehingga membuat postingan random dengan tujuan ingin membuat konten yang mengundang tindakan pembaca agar membeli produk kamu.

Nah, salah satu cara terbaik adalah dengan menggunakan pengalaman klasik para pembeli terhadap penggunaan produk kompetitor kamu. Lanjutkan dengan memberi solusi, mengapa produk kamu justru nggak bakalan memberi pengalaman buruk seperti produk kompetitor.

5 Tips Konten Digital Kreatif, Dijamin Work!

5. Perhatikan 1:1 Rasio Konten

Strategi berikutnya adalah content ratio. Kenapa sih ini penting banget? Cara ini akan membuat semuanya berada pada rasio yang seimbang, kapanpun kamu membuat konten. Sehingga, diharapkan konten tersebut dapat mencapai target yang kamu harapkan.

Faktanya, ketika kamu sudah bikin konten untuk branding produk, nggak semudah publish konten dan seluruh calon pelanggan langsung baca itu.

Jadi, berikut adalah rasionya: Setiap konten yang kamu buat, pastikan kamu memiliki waktu lebih banyak untuk mempromosikannya. Contohnya, kamu mungkin punya produk jualan untuk DIY kit. Promosikan lewat konten dan lainnya, lakukan teknik copywriting, atau hal apapun agar informasi tersebut sampai pada calon pelanggan.

Baca Juga  Digital Marketing: Penting Atau Bikin Pusing?

Tanpa melakukan promosi, konten yang kamu buat layaknya sebuah pulau. Kamu butuh ferri atau kapal supaya pelanggan kamu bisa mengunjungi pulau tersebut.

Jadi, kalau kamu mau branding produk melalui konten, menyadari konten mempunyai peran besar dalam membangun reputasi produk kamu. Untuk mencapai hal tersebut, kamu harus menambahkan berbagai elemen pada produk kamu, yaitu melalui konten image branded secara konsisten.

Kamu bisa bikin blog, dengan template menarik, disertai navigasi mudah. Kemudian, hubungkan dengan sosial media, dan lainnya. Bingung harus mulai dari mana? Jangan kuatir, kamu bisa langsung meminta bantuan tim Tukang Kata Kata. Tim kami akan membantu membuat web dan konten profesional, cocok untuk meningkatkan penjualan produk apapun.