6 Cara Praktis Bikin Copywriting Iklan

Copywriting iklan sangat mempengaruhi penjualan produk atau jasa yang kamu miliki. Copywriting merupakan bahasa iklan agar tulisan dapat mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu. Untuk keperluan bisnis, copywriting berarti pembaca akan merasa tertarik untuk membeli sesuai konten yang kamu tulis. Sehingga, dari pembaca akan berubah menjadi seorang pembeli.

Agar bisnis kamu bisa meningkatkan penjualan dengan menggunakan teknik tulisan copywriting, berikut adalah cara copywriting iklan yang harus kamu coba.

copywriting iklan untuk bisnis

Copywriting Iklan Bukan Sekedar Nulis

Seseorang yang membuat copywriting untuk kepentingan iklan harus tahu bahwa tulisan ini bukan cuman sekedar tulisan. Karena tugas kamu sebagai copywriter, maka kamu harus mampu membantu meningkatkan engagement dan konversi dari konten yang kamu buat.

Artinya, semua ide yang ada dalam otak harus benar-benar kamu salurkan. Sehingga, melalui ide tersebut kamu bisa mengambil tindakan sesuai keinginan.

Misalnya, ketika kamu ingin menulis caption, atau konten yang digunakan untuk promosi produk, maka pastikan teknik ini benar-benar sesuai untuk iklan agar menarik calon pembeli. Jadi kamu sebagai content creator dan copywriter harus mengenal calon pembeli dengan baik.

copywriting iklan social media

Tulisan Nggak Boleh Boring

Salah satu cara paling penting untuk teknik copywriting adalah nggak bertele-tele. Konten kamu harus menjawab kebutuhan pembeli. Sebaliknya, kalau tulisan yang kamu bikin terkesan bertele-tele, justru akan bikin audiens merasa bosan.

Anggap 1 Pembeli

Bikin tulisan juga harus sesuai dengan target audiens. Kalau kamu ingin jual perhiasan, maka fokus tulisan pada target audiens; wanita. Emang udah cukup? Nggak dong!

Buat lebih spesifik agar penjualan lebih efektif. Misalnya, para pembeli perhiasan ingin beli karena tampilan atau gaya hidup, dan mungkin untuk investasi.

Baca Juga  5 Langkah Memilih Jasa Pemasaran Online

Selain itu, masing-masing pembeli juga punya selera berbeda. Sehingga, kamu harus buat spesifikasi target yang tepat.

Misalnya, buatlah target audiens adalah wanita berusia 25 sampai 35 tahun, dengan status wanita karir serta kerja di kantor.

Copywriting Iklan Nggak Boleh Kaku

Menulis dengan tulisan yang baku, bahasa formal, tentu terkesan seperti tulisan akademik. Sehingga, tampak begitu profesional. Tapi, kalau kamu ngomongin konten buat jualan, hal tersebut justru nggak berlaku. Kenapa?

Banyak kok perusahaan yang tampak profesional walaupun mereka menggunakan teknik copywriting dengan bahasa santai.

copywriting iklan

Bikin Headline Menarik

Ada banyak cara untuk membuat headline menarik. Pertama, kamu bisa pakai dengan angka. Contohnya kayak gini nih:

3 alasan kenapa kamu harus beli Burger di toko gue!

Atau

Beli burger di toko gue, 100% halal!

Headline yang menggunakan angka atau data spesifik justru bikin engagement meningkat loh!

Selain pakai angka atau data, kamu juga pakai alasan kuat. Bikin headline dengan pernyataan kuat bikin audiens pasti rela meluangkan waktu buat baca sampai akhir.

Misalnya dengan membahas trik, tips, strategi, cara, rahasia, atau lainnya.

Paham Karakteristik Audiens

Penggunaan copywriting juga perlu disesuaikan dengan karakter audiens. Misalnya, untuk audiens yang lebih suka bahasa formal, gunakan bahasa formal namun tetap menarik.

Membuat copywriting iklan sesuai dengan karakter dan emosi audiens, maka dapat mempengaruhi audiens untuk mengambil keputusan; beli produk yang kamu tawarkan.

Jadi, gunakan alasan yang logis serta baca emosi pembeli ketika menuangkan ke dalam copywriting. Apa itu emosi pembeli?

Maksudnya adalah, kalau kamu ingin menjual sebuah barang mewah. Maka pastikan bahwa audiens itu membeli sesuai emosi, kecemasan mereka, misalnya:

Baca Juga  Kenapa Butuh Jasa Pembuatan Landing Page?

Kalau nggak beli, nanti dibilang ketinggalan jaman

Kalau nggak beli, nanti nggak kelar-kelar masalahnya.

Kalau nggak beli, nanti dibully.

Nah, tuangkan seluruh emosi seolah-olah itu adalah kebutuhan dalam copywriting iklan.