5 Hal Penting Memilih Copywriter Buat Pemasaran Digital

pemasaran digital

Pemasaran digital selalu membutuhkan bantuan copywriter ketimbang harus bikin konten sendiri, kenapa?

Karena, selain bikin kamu lebih fokus mengembangkan bisnis, copywriter memiliki keahlian dalam menulis.

Beberapa copywriter memiliki kemampuan menulis berbagai bidang, dengan gaya penulisan berbeda, serta pada media yang bervariasi.

Sementara itu, beberapa copywriter juga spesialis. Seseorang yang menulis untuk website farmasi misalnya, tentu pasti memiliki background pada bidang tersebut secara khusus.

Berikut adalah beberapa tips memilih copywriter untuk kepentingan bisnis digital.

1. Cek Website Copywriter

Buka dulu website dari pemilik jasa copywriter tersebut, dan tentukan apakah sudah memenuhi kebutuhan kamu atau tidak. Kamu juga bisa membaca seluruh postingan sebelumnya.

Udah menarik belum gaya penulisannya?

Atau, udah ketemu “klik” yang bikin kamu mikir “keren nih gaya tulisannya”?

Tentunya, kamu butuh copywriter yang dapat mengerjakan konten website dan membuat deskripsi produk atau jasa kamu secara natural, bukan?

Apalagi, menulis konten online untuk website butuh proses yang sangat panjang. Terutama, kalau kamu punya rencana membangun banyak website dengan banyak halaman. Sehingga, website yang kamu bangun sangat fungsional dan kompleks.

Dalam hal ini, kamu butuh seorang copywriter yang sangat menikmati proses tersebut.

jasa pemasaran digital

2. Minta Sample Tentang Pemasaran Digital

Kalau kamu sudah tertarik dengan gaya penulisan dan kemampuan untuk ngulik konten, waktunya untuk menghubungi copywriter tersebut.

Misalnya, kamu bisa minta link contoh konten yang sudah pernah diterbitkan. Amati deh tulisan itu.

Apakah kamu menyukai tulisan tersebut?

Atau, kontennya enak dibaca enggak?

Apakah konten tersebut persuasive dan ngalir natural?

Atau, apakah konten tersebut bikin kamu langsung ingin mengambil tindakan?

Pastikan bahwa kamu benar-benar baca satu per satu kalimat dalam sample tersebut. Jadi, nggak cuman meninjau tampilan website.

Baca Juga  Apa Itu Copywriting dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Nah, kamu juga bisa kok meminta copywriter tersebut untuk menulis tentang pemasaran digital. Generalist Copywriter bisa menulis hampir seluruh topik. Tapi, kalau kamu punya bisnis di bidang teknologi, alangkah baiknya untuk menggunakan copywriter sangat menyukai bidang tersebut.

mudahnya pemasaran digital

3. Ajak Ngobrol Copywriter Tentang Pemasaran Digital

Idealnya, kamu nggak harus menghubungi copywriter melalui email. Kamu bisa membuat komunikasi lebih baik melalui suara. Sementara itu, banyak penulis yang tidak bisa memenuhi pertemuan untuk tawaran kerja karena kurang efisien. Namun, mereka nggak keberatan untuk menerima panggilan telepon.

Selama menelpon, ceritakan seperti apa keinginan kamu dalam membuat konten pemasaran digital. Kamu bisa merasakan apakah copywriter tersebut mendengarkan dan memahami seluruh permintaan yang kamu butuhkan. Kamu juga merasakan nyambung nggaknya copywriter tersebut dengan tugas yang kamu berikan.

Adalah pertanda baik kalau copywriter tersebut terdengar antusias dan percaya diri untuk menangani project konten yang kamu berikan.

4. Bicarakan Harga Untuk Proyek Konten Pemasaran Digital

Biaya membayar seorang copywriter juga menjadi salah satu faktor untuk menentukan memilih penulis. Itulah mengapa, kamu harus menghubungi dan meminta berapa harga yang ditawarkan. Kendati demikian, jangan jadikan harga sebagai prioritas utama.

Banyak copywriter yang menawarkan harga murah, tapi kualitas konten bukan yang terbaik. Mereka punya kekurangan dalam hal pengalaman, sehingga kurang ngena untuk menulis konten dalam bidang pemasaran digital.

Apakah kamu merasa bahwa menggunakan jasa copywriter tersebut bagus untuk bisnis kamu? Apakah kamu yakin akan mendapatkan ROI yang bagus?

Ingat, pada bidang digital marketing, kamu butuh copywriter yang mampu meningkatkan penjualan dan membangun brand. Kalau tidak membawa hasil tersebut, sebaiknya cari yang lain.

Baca Juga  4 Alasan Kamu Butuh Content Creator Terbaik?

5. Bikin Parameter

Salah satu cara buat memastikan bahwa semua sesuai dengan harapan kamu adalah dengan menyediakan parameter. Copywriter untuk bisnis nggak bisa membaca seluruh ide bisnis kamu. Tapi, mereka mampu menulis dengan konten terbaik setelah mendapatkan beberapa informasi penting yang kamu berikan.

Sambil tidak membuat seorang copywriter kewalahan dengan detail yang tidak perlu, kamu bisa bercerita tentang apa tujuan konten tersebut. Serta, beritahu bagaimana agar konten tersebut relevan dengan bisnis yang kamu jalankan.