3 Strategi Pemasaran Online Ciamik Buat Bisnismu

Strategi pemasaran online menggunakan content sangat penting untuk diketahui oleh para pelaku bisnis. Jika kamu bisa menggunakan teknik ini dengan memanfaatkan konten relevan serta konsisten, maka kamu dapat mencapai apa tujuan dari marketing dalam berbisnis.

 

Tentunya, kamu bisa meningkatkan traffic serta mengajak para audiens untuk beralih menjadi pelanggan. Konten yang ingin kamu buat dalam pemasaran online tentu saja tidak boleh sembarangan loh.

Kamu harus mencari strategi pemasaran online melalui content dapat membuahkan hasil yang optimal. Dibutuhkan perencanaan termasuk strategi efektif agar penjualan pada bisnis dapat meningkat karena konten marketing yang tepat. 

strategi pemasaran online

3 Strategi Pemasaran Online Melalui Konten

Ada tiga hal yang harus kamu perhatikan ketika merencanakan strategi pemasaran melalui konten. Pertama yaitu mengetahui siapa target audiens konten.

Cari tahu berapa banyak target yang ingin kamu jangkau, apalagi jika produk atau jasa yang kamu tawarkan ternyata memiliki jenis konsumen bervariasi. Itu artinya, kamu harus menyediakan konten untuk berbagai karakter pembaca.

Pastikan juga kamu menggunakan jenis konten bervariasi serta channel distribusi supaya kamu dapat menyediakan konten yang dapat menjangkau masing-masing jenis membaca sesuai dengan tipe konten.

Kedua adalah membahas masalah target pelanggan

Ketika menawarkan produk atau jasa tertentu, idealnya kamu harus bisa memberikan solusi dari masalah tau keluhan target audience.

Hal tersebut juga merupakan hal yang sama ketika berbicara tentang konten. Yang kamu buat adalah media untuk memberikan edukasi kepada ada target pelanggan tentang bagaimana mengatasi masalah yang mereka hadapi berhubungan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Dalam menjalani bisnis apapun, apalagi dengan menggunakan teknik Digital marketing, kamu pasti Harus bersaing dengan berbagai kompetitor di bidang yang sama.

Baca Juga  5 Rahasia Bikin Konten Menarik Langsung Viral

Artinya, pastikan bahwa target konsumen mengetahui mengapa mereka harus membeli produk kamu ketimbang produk dari para pesaingmu. Selain itu, berikan informasi penting tentang Apa yang sedang kamu tawarkan dan mengapa produk yang kamu buat berbeda dibanding yang lain. Itulah yang akan membuat konten tersebut layak untuk dinikmati oleh para pengunjung.

strategi pemasaran online buat bisnis

Membuat strategi pemasaran online

Strategi pemasaran online akan membantu para pelaku bisnis dalam memperoleh traffic serta leads secara efektif. Dengan memahami Seperti apa target audiens, masalah yang terjadi, solusi yang diberikan mereka, maka kamu bisa menentukan Apa rencana dari strategi yang tepat. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan sebagai mana berikut.

Pertama selalu cari tahu Apa tujuan Membuat strategi pemasaran online. Kenapa apa bisnis kamu membutuhkan strategi dan kenapa kamu juga memproduksi konten tersebut. Dengan mengetahui tujuan pencapaian bahkan sebelum memulai maka akan sangat membantu agar rencana untuk pemasaran bisa lebih matang.

Pemasaran online dengan menggunakan teknik Smart

Smart adalah singkatan dari spesifik, measurable, relevant, dan terakhir adalah time-bound.

Spesific maksudnya adalah untuk menentukan Apa tujuan dari strategi pemasaran online. Pastikan bahwa kamu memiliki tujuan yang singkat dan spesifik. Sebaiknya hindari kalimat ambigu, atau yang kurang jelas.

Berikutnya adalah dapat diukur atau measurable. Kamu juga harus bisa mengukur tujuan tersebut. Tanpa mengukur tujuan, membuat bisnis kamu kehilangan arah.

Tujuan dapat diukur jika kamu bisa menentukan angka. Misalnya, kamu bisa membuat buat tujuan peningkatan trafik organik sampai dua kali lipat. Seperti dari angka 15 menjadi angka 30.

Berikutnya adalah attainable atau dapat dicapai. Memang, tampak hebat ketika kamu membuat tujuan pemasaran online dengan pencapaian angka yang luar biasa. Tapi, kamu juga harus bisa realistis dalam membuat ukuran pencapaian.

Baca Juga  5 Recomended Media Promosi Untuk Pemasaran Online

Hal berikutnya adalah tentang relevant. Bisnis dengan tujuan target yang kurang relevan justru akan gampang rugi. Contohnya, memproduksi sendal sebanyak 1000 pasang setiap bulannya. Kalau fokus pada jumlah produksi, tapi belum ada jumlah distributor maka hal tersebut adalah percuma.

Terakhir yaitu time-bound. Maksudnya adalah membuat deadline Kapan kamu harus mencapai tujuan tersebut. Contohnya, kamu bisa membagi deadline setahun dibagi dalam hitungan bulan sehingga akan memudahkan evaluasi progres dari waktu ke waktu.

Jadi sudahkah strategi pemasaran online  bisnismu sesuai dengan cara diatas?

Jika belum, sebaiknya kamu mulai mencari content creator yang tepat untuk bisnismu.