3 Alasan Pentingnya Merencanakan Konten Instagram Bisnis

konten instagram bisnis

Konten Instagram bisnis menjadi pilihan populer karena platform medsos ini punya visual yang bagus dan mobile-friendly.

Social media yang satu ini emang sudah nge-hits sejak tahun 2012. Banyak pengguna dewasa online dan memiliki akun Instagram dengan tingkat pertumbuhan hampir 400%. Pew Research melaporkan bahwa 71% remaja mulai 18 sampai 24 tahun juga sudah menggunakan Instagram tahun 2018.

Pemasar digital juga wajib untuk membangun bisnis pakai Instagram. Saat ini, satu merk produk memasarkan produk menggunakan platform ini, sehingga kebayang dong bagaimana kompetisi yang ada?

Tahun 2018, Mention’s Instagram Report menyebutkan ada sekitar 98% merk fashion serta 100% merk mobil. Itulah kenapa dibutuhkan perencanaan dalam membuat konten. Dengan alasan inilah, mengerti tentang cara merencanakan konten Instagram bisnis akan sangat membantu kemajuan bisnis.

Perencanaan Konten Instagram Bisnis  Dari Content Feed

Kalau melihat Instagram adalah pasar, maka ini adalah pasar yang sangat besar dan sibuk. 27,9 kali masing-masing merk dagang memposting jasa atau produk setiap bulannya. Artinya, kamu harus memposting setiap hari agar dapat mengikuti jangkauan serta keterlibatan merk.

Dengan kata lain, kamu harus memiliki perencanaan feed instagram yang baik. Misalnya merencanakan konten sejak dua atau tiga minggu sebelumnya.

Memang, perencanaan tersebut sangat menyita waktu. Bahkan, ada banyak tuntutan. Tapi, kamu juga bakalan punya content feed kohesif dan dapat menarik target audiens untuk kepentingan bisnismu.

konten instagram bisnis

Content Feed merupakan tempat berinteraksi pertama bagi para pengguna Instagram. Dengan gaya postingan serta estetika yang konsisten, kamu punya peluang buat bangun citra brand atau image loh.

Kamu juga bisa kok menggunakan jadwal konten atau jadwal posting dalam Instagram. Biar, semuanya terjadwal dengan menggunakan Facebook Creater Studio.

Konten dengan tema mingguan atau bulanan juga bisa kamu coba. Jangan lupa buat menambahkan gambar, video, atau lainnya yang terkait.

Pakai Hashtag

Konten yang kamu buat harus bisa ditemukan oleh target audiens atau menjangkau calon pembeli tepat waktu. Ini juga butuh perencanaan yaitu dengan menggunakan hashtag relevan. Hashtag juga dapat membantu konten viral di Instagram. Jadi, kamu juga bisa menganalisis hasil dari digital campaign yang kamu buat.

Untuk menggunakan hashtag,  kamu harus tahu berbagai jenisnya sebagai berikut:

  • Trending hashtag – Tagar yang lagi hits banget di Instagram
  • Hashtag Umum – Tagar yang bisa kamu pakai untuk hal yang umum dan populer sepanjang tahun.
  • Hashtag khusus – Spesifik untuk kepentingan industri. Misalnya kamu bisa pakai brand produk yang kamu buat.

Penggunaan hashtag yang ideal menurut sebuah penelitian adalah 9 hashtag. Teliti tagar sebelum penggunaan. Kamu juga bisa banget pakai Hashtagify, Seekmetrics, atau All Hashtag untuk identifikasi hashtag yang relevan, populer, dan sesuai.

konten ig bisnis

Rencana Konten Instagram Bisnis – Waktu Posting

Faktor agar konten yang kamu bangun pada Instagram dapat mencapai audiens yang kamu inginkan adalah waktu. Kamu ingin ketika posting, target audiens benar-benar sedang online.

Terus kapan dong harus posting?

Rabu, tepatnya jam 11 pagi juga jumat antara jam 10 sampai jam 11 pagi itu waktu yang pas banget. Tapi, kalau ngomong hari terbaik adalah hari rabu. Untuk engagement yang konsiten, selasa sampai jumat mulai pukul 10 pagi sampai pukul 3 malam.

Posting pada hari minggu justru jadi hari terburuk. Engagement juga sangat rendah saat larut malam atau dini hari, jam 11 malam hingga jam 3 pagi.

Selain hal-hal tersebut, kamu juga harus melakukan pengukuran ketika sedang merencanakan konten instagram bisnis. Pengukuran disini maksudnya adalah mengukur kinerja buat setiap campaign atau posting konten untuk meningkatkan waktu, konten, juga optimasi hashtag.

Sekarang, kamu udah tau dong gimana sih caranya membuat perencanaann konten Instagram bisnis. Dengan mengikuti tips di atas ditambah lagi jika kamu memiliki copywriting yang ciamik, kamu bisa meningkatkan konversi. Ubah juga rencana konten supaya bisa mengikuti tren Instagram yang terus berganti, ya!

Open chat
Halo
Ada yang bisa kami bantu?